AS-China Cekcok Soal Korut dalam Rapat Dewan Keamanan PBB

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 11:17 WIB
In this image provided by the United Nations, the U.N. Security Council meets for an emergency session on Ukraine, Monday, Feb. 21, 2022, at the U.N. headquarters. (Evan Schneider/United Nations via AP)
Ilustrasi-- Rapat Dewan Keamanan PBB (dok. Evan Schneider/United Nations via AP)
New York -

Amerika Serikat (AS) dan China terlibat cekcok dalam rapat darurat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang membahas cara meredakan ketegangan dengan Korea Utara (Korut). AS berargumen agar lebih banyak sanksi dijatuhkan terhadap Korut, sedangkan China menyerukan pelonggaran sanksi.

Seperti dilansir AFP, Kamis (12/5/2022), rapat darurat itu digelar pada Rabu (11/5) waktu setempat, di tengah kekhawatiran bahwa Korut akan melanjutkan uji coba nuklir dalam beberapa pekan ke depan.

"Sudah waktunya untuk berhenti untuk memberikan izin diam-diam dan mulai mengambil tindakan," cetus Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield.

"Kita harus berbalik cepat untuk memperkuat rentetan sanksi, bukan mempertimbangkan keringanan sanksi," imbuhnya.

Thomas-Greenfield menolak draf resolusi yang diajukan China dan Rusia, yang bertujuan melonggarkan sanksi-sanksi terhadap Korut sejak 2017. Dia justru menyatakan bahwa pihaknya mendekati akhir negosiasi untuk draf resolusi terpisah untuk memperbarui sanksi-sanksi yang diajukan AS.

"Kita tidak bisa menunggu hingga (Korut) melakukan tindakan provokatif, ilegal, berbahaya seperti uji coba nuklir. Kita perlu angkat bicara sekarang," tegasnya.

Duta Besar China untuk PBB, Zhang Jun, dalam forum yang sama menyebut kemungkinan eskalasi 'mengkhawatirkan' dan menyerukan 'sikap menahan diri', sembari menegaskan bahwa pengetatan sanksi di tengah atmosfer ketidakpercayaan sama saja 'tidak konstruktif'.

"Apa yang ingin dihindari China adalah uji coba nuklir terbaru," ucap Zhang kepada AFP usai rapat tersebut.

Simak juga video 'Dewan Keamanan PBB Kutuk Peluncuran Rudal Balistik Korut!':

[Gambas:Video 20detik]