Kim Jong-Un Janji Hilangkan Akar Virus Corona di Korut Sesingkat Mungkin

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 09:42 WIB
Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un berjanji 'mengatasi' wabah virus Corona (COVID-19) yang terdeteksi di negaranya pekan ini. Ini merupakan kasus pertama yang diumumkan Korut.

Selain menyatakan Korut akan menerapkan sistem kontrol karantina 'darurat maksimum' untuk mengatasi Corona, Kim Jong-Un juga memerintahkan semua kota dan distrik memberlakukan 'lockdown ketat'. Demikian seperti dilansir AFP dan Reuters, Kamis (12/5/2022).

Kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), menyatakan Kim Jong-Un menegaskan dalam rapat darurat politburo bahwa 'targetnya adalah menghilangkan akar (virus Corona) dalam waktu sesingkat mungkin'.

"Dia meyakinkan kita bahwa karena kesadaran politik rakyat yang tinggi ... kita pasti akan mengatasi situasi darurat ini dan berhasil dalam proyek karantina darurat," sebut KCNA dalam laporannya merujuk pada Kim Jong-Un.

Laporan KCNA menyebut orang-orang di Pyongyang terinfeksi Corona varian Omicron, tanpa menjelaskan lebih detail soal jumlah kasus yang terdeteksi maupun soal dugaan sumber penularan. Hanya disebutkan KCNA bahwa sampel dari orang-orang yang terinfeksi Corona dikumpulkan pada 8 Mei lalu.

KCNA dalam laporannya juga menyebut Kim Jong-Un memerintahkan agar semua kota dan distrik di Korut untuk menerapkan 'lockdown ketat' di wilayah masing-masing demi mencegah penyebaran Corona. Disebutkan juga bahwa pasokan medis cadangan darurat akan disalurkan ke berbagai wilayah.

"Ada insiden darurat terbesar di negara ini, dengan adanya lubang dalam garda terdepan karantina darurat kita, yang telah dijaga dengan aman selama dua tahun tiga bulan terakhir sejak Februari 2020," demikian bunyi laporan KCNA.