Kim Jong-Un Selamati Putin Saat Rusia Peringati 'Hari Kemenangan'

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 14:20 WIB
Russian President Vladimir Putin and North Koreas leader Kim Jong Un shake hands during their meeting in Vladivostok, Russia,  April 25, 2019.  Alexander Zemlianichenko/Pool via REUTERS
Pemimpin Korut Kim Jong-Un saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin tahun 2019 lalu (dok. Alexander Zemlianichenko/Pool via REUTERS)
Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un mengirimkan ucapan selamat kepada Presiden Rusia Vladimir Putin saat Rusia memperingati 'Hari Kemenangan' pada 9 Mei. Dalam suratnya, Kim Jong-Un menyatakan 'solidaritas teguh' Korut terhadap Rusia.

Seperti dilansir BBC, Selasa (10/5/2022), tanggal 9 Mei diperingati Rusia sebagai 'Hari Kemenangan' untuk merayakan kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman pada akhir Perang Dunia II silam. Tahun ini, Rusia memperingati 77 tahun 'Hari Kemenangan' dengan parade militer dan pidato Putin.

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA), melaporkan bahwa Kim Jong-Un mengirimkan surat berisi ucapan selamat kepada Putin pada 9 Mei.

"(Kim Jong-Un) Menyampaikan solidaritas yang teguh kepada rakyat Rusia untuk membasmi ancaman politik dan militer dan pemerasan oleh pasukan musuh," sebut KCNA dalam laporannya merujuk pada surat untuk Putin.

Disebutkan juga oleh KCNA bahwa Kim Jong-Un juga 'menyatakan keyakinan bahwa hubungan persahabatan yang strategis dan tradisional antara kedua negara akan terus berkembang'.

Korut baru-baru ini menyoroti hubungan dekatnya dengan Rusia, dan secara terang-terangan mendukung Moskow atas invasinya ke Ukraina saat banyak negara lainnya mengecam.

Pada Februari lalu, Korut menyalahkan 'kebijakan hegemonik' dari Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat lainnya sebagai penyebab konflik Ukraina.

Simak juga Video: Warga Korut Rayakan Ulang Tahun Kakek Kim Jong Un

[Gambas:Video 20detik]