International Updates

Jaksa Ditembak Mati Saat Bulan Madu, Gubernur Rusia Ramai-ramai Mundur

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 18:45 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Seorang jaksa kasus narkoba di Paraguay ditembak mati saat sedang bersantai di tepi pantai dalam rangka bulan madu di salah satu pulau Karibia di Kolombia. Pelaku pembunuhan dilaporkan datang dan kabur via jalur laut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (11/5/2022), pembunuhan terhadap jaksa bernama Marcelo Pecci (45) itu disebut bergaya eksekusi mati. Presiden Paraguay Mario Abdo Benitez mengecamnya sebagai 'pembunuhan pengecut'. Sementara rekan sesama jaksa Paraguay menyebut modus operandi itu mengingatkan pada 'mafia'.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (11/5/2022):

- Gubernur Rusia Ramai-ramai Mengundurkan Diri!

Empat gubernur di wilayah Rusia mengumumkan pengunduran diri secara massal pada Selasa (10/5) waktu setempat. Pengunduran diri itu diajukan saat Rusia tengah menghadapi dampak sanksi-sanksi ekonomi dari Barat terkait invasinya ke Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (11/5/2022), kepala wilayah Tomsk, Saratov, Kirov dan Mari El mengumumkan pengunduran diri segera dari jabatan mereka sebagai gubernur pada Selasa (10/5) waktu setempat.

Sementara kepala wilayah Ryazan menyatakan tidak akan mencalonkan diri untuk masa jabatan selanjutnya.

Pemilu diketahui akan digelar secara bersamaan di kelima wilayah itu pada September mendatang. Meskipun gubernur-gubernur di wilayah Rusia dipilih melalui pemilu, mereka secara politik berada di bawah Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia.

- Wartawan Al Jazeera Tewas Ditembak Tentara Israel di Tepi Barat

Wartawan veteran Al Jazeera Shireen Abu Aqleh dilaporkan tewas ditembak pasukan Israel pada hari Rabu (11/5) ketika dia meliput operasi penyerbuan pasukan Israel di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (11/5/2022), media Al Jazeera dan Kementerian Kesehatan Palestina mengkonfirmasi kematian Abu Aqleh (51), figur terkemuka dalam saluran berita Arab tersebut.

Pihak Al Jazeera menyebut pasukan Israel membunuh Abu Aqleh "dengan darah dingin" ketika dia bekerja di wilayah Palestina.

"Dalam pembunuhan terang-terangan, melanggar hukum dan norma internasional, pasukan pendudukan Israel membunuh dengan darah dingin koresponden Al Jazeera di Palestina," kata Al Jazeera dalam pernyataannya.

- Viral Penumpang Kepanasan karena AC Mati, Malaysia Airlines Minta Maaf

Maskapai Malaysia Airlines meminta maaf karena kondisi kabin penumpang yang panas dalam tiga penerbangannya. Disebutkan bahwa kondisi kabin pesawat yang menghangat itu disebabkan oleh gangguan teknis yang membuat bagian Auxiliary Power Unit (APU) tidak beroperasi.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir media lokal The Star, Rabu (11/5/2022), Malaysia Airlines (MAS) menyebutkan tiga penerbangan yang mengalami situasi tidak nyaman itu terdiri atas penerbangan MH2356 rute Kuala Lumpur-Kuching pada 3 Mei, kemudian MH2710 rute Kuala Lumpur-Sandakan pada 8 Mei, dan MH1205 rute Alor Setar-Kuala Lumpur pada 9 Mei.

Simak Video 'Jaksa Asal Paraguay Tewas Ditembak Saat Bulan Madu di Kolombia':

[Gambas:Video 20detik]