Kebocoran Gas Picu Ledakan di Hotel Ikonik Havana, 22 Orang Tewas

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Mei 2022 10:14 WIB
Debris is scattered after an explosion destroyed the Hotel Saratoga, in Havana, Cuba May 6, 2022. REUTERS/Alexandre Meneghini
Puing-puing berserakan usai ledakan mengguncang Hotel Saratoga di Havana, Kuba (REUTERS/Alexandre Meneghini)
Havana -

Sebuah ledakan mematikan mengguncang sebuah hotel terkenal di pusat kota Havana, Kuba, pada Jumat (6/5) waktu setempat. Sedikitnya 22 orang tewas akibat ledakan ini, dengan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (7/5/2022), Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel saat berbicara dari lokasi kejadian menuturkan bahwa ledakan yang mengguncang Hotel Saratoga yang bersejarah dan mewah ini tampaknya disebabkan oleh kebocoran gas.

"Dalam kasus apapun, itu bukan bom atau serangan," tutur Diaz-Canel kepada Reuters saat dia meninggalkan rumah sakit Calixto Garcia yang menjadi lokasi para korban luka dirawat.

"Ini hanya kecelakaan yang sangat disayangkan," imbuhnya.

Selain 22 orang tewas, dilaporkan sekitar 70 orang lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan ini.

Ledakan itu sempat memicu kepanikan di kawasan tua Havana yang bersejarah, yang secara bertahap mulai membuka kembali operasional untuk para turis usai pandemi virus Corona (COVID-19) menghancurkan sektor pariwisata Kuba.

Ratusan warga Kuba dan turis berkumpul di dekat lokasi saat polisi memasang garis polisi di sekitar hotel. Menteri Pariwisata Kuba, Juan Carlos Garcia, menegaskan tidak ada warga negara asing yang menjadi korban tewas maupun korban luka dalam ledakan itu.

Simak juga 'Kebakaran Hebat Lahap Depot Minyak di Donetsk':

[Gambas:Video 20detik]