Rusia Usir Diplomat Jepang dan Norwegia dalam Aksi Balasan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 13:03 WIB
Ilustrasi bendera Rusia
Ilustrasi (dok. Anadolu Agency)
Moskow -

Rusia kembali mengumumkan pengusiran diplomat-diplomat asing dari wilayahnya sebagai langkah balasan. Kali ini giliran delapan diplomat Jepang dan tiga diplomat Norwegia yang diusir keluar dari wilayah Rusia.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Kamis (28/4/2022), Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataannya menuduh Tokyo mengupayakan 'jalan anti-Rusia yang bermusuhan secara terbuka'.

Disebutkan Kementerian Luar Negeri Rusia bahwa Jepang 'mengambil langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan Rusia-Jepang di era modern'. Jepang juga dituduh telah 'meninggalkan hubungan bersahabat, konstruktif dengan Rusia'.

Dalam pengumumannya pada Rabu (27/4) waktu setempat, Kementerian Luar Negeri Rusia menegaskan delapan diplomat Jepang itu harus meninggalkan wilayah Rusia paling lambat 10 Mei.

Langkah tersebut membalas Jepang yang pada awal bulan ini mengusir delapan diplomat Rusia dari wilayahnya.

Selain mengusir diplomat Rusia, otoritas Jepang pada saat itu juga mengumumkan akan mengakhiri impor batu bara Rusia terkait invasi Moskow ke Ukraina.

Jepang diketahui mengambil langkah sejalan dengan sekutu-sekutu Barat dalam menjatuhkan sanksi terhadap Rusia sejak invasi ke Ukraina dimulai 24 Februari lalu.

Simak juga 'Sejumlah Diplomat Rusia Mulai Tinggalkan Jepang':

[Gambas:Video 20detik]