Polandia Tahan 2 Pria Diduga Mata-mata Rusia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 11:32 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Warsawa -

Dinas khusus Polandia mengumumkan pihaknya telah menahan dua pria yang dicurigai menjadi mata-mata Rusia. Kedua pria itu berkewarganegaraan Rusia dan Belarusia.

"Para tersangka ditahan oleh polisi militer... Mereka berdua telah didakwa," tutur juru bicara dinas khusus Polandia, Stanislaw Zaryn, dalam pernyataannya seperti dilansir AFP, Kamis (28/4/2022).

"Warga Rusia dan warga Belarusia, bertindak atas nama dinas intelijen Rusia dan melawan Polandia, melakukan operasi pengintaian terhadap fungsi Angkatan Bersenjata Polandia, termasuk pengerahan militer di zona perbatasan Polandia-Belarusia," imbuh Zaryn.

Kedua tersangka ditahan otoritas Polandia sejak pekan lalu.

Awal bulan ini, Polandia menahan seorang warga Rusia yang dicurigai mengumpulkan informasi intelijen soal Polandia dan pasukan NATO. Dua warga Belarusia juga ditahan oleh Polandia atas dugaan spionase.

Pada Maret lalu, otoritas Polandia mengusir 45 diplomat Rusia dari wilayahnya. Para diplomat Rusia itu dituduh melakukan spionase selama berada di Polandia.

Negara-negara Eropa diketahui kompak mengambil langkah tegas setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada akhir Februari lalu. Tidak hanya mengusir diplomat Rusia dari wilayah mereka atas berbagai alasan, negara-negara Eropa juga menjatuhkan rentetan sanksi terhadap Moskow.

(nvc/idh)