International Updates

Viral Video Putin Gemetaran, Rusia Ancam Inggris!

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 17:01 WIB
Russian President Vladimir Putin listens to St. Petersburgs governor Alexander Beglov during their meeting in the Kremlin in Moscow, Russia, Tuesday, March 1, 2022. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Jakarta -

Sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, banyak pihak berspekulasi soal kondisi kesehatan Presiden Vladimir Putin. Sebuah video yang membuat netizen mempertanyakan kondisi kesehatan Putin, menjadi viral dan ditonton lebih dari 3 juta kali.

Seperti dilansir Newsweek, Rabu (27/4/2022), invasi ke Ukraina tampaknya makin meningkatkan ketertarikan publik pada sosok Putin yang memerintahkan pengiriman tentara Rusia itu. Setidaknya ada dua video yang viral dan memicu spekulasi para pengguna media sosial bahwa kesehatan Putin memburuk.

Ini bukan pertama kalinya kondisi kesehatan Putin memicu pertanyaan. Tahun 2020 lalu, Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia menyangkal Putin menderita penyakit Parkinson -- gangguan sistem saraf pusat yang mempengaruhi gerakan dan sering disertai tremor.

"Itu benar-benar omong kosong. Semuanya baik-baik saja dengan presiden," tegas juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dikutip Reuters tahun 2020 lalu.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (27/4/2022):

- Depot Amunisi Rusia Dekat Perbatasan Ukraina Terbakar!

Sebuah depot amunisi di wilayah Belgorod, Rusia, yang terletak di dekat perbatasan Ukraina, dilaporkan mengalami kebakaran. Insiden itu terjadi setelah rentetan suara ledakan terdengar di wilayah yang sama pada Rabu (27/4) pagi waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Rabu (27/4/2022), Gubernur wilayah Belgorod, Vyascheslav Gladkov, melaporkan tidak ada korban warga sipil yang mengalami luka-luka dalam kebakaran yang melanda fasilitas penyimpanan amunisi di pedesaan wilayah Belgorod itu.

"Menurut informasi awal, sebuah depot amunisi terbakar di dekat desa Staraya Nelidovka. Tidak ada kerusakan yang ditimbulkan terhadap gedung permukiman dan rumah-rumah setempat," sebut Gladkov dalam pernyataan via Telegram.

- Bertemu Sekjen PBB, Putin Bilang Masih Berharap pada Negosiasi Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan dengan Sekjen PBB Antonio Guterres yang berkunjung ke Moskow. Dalam pertemuan itu, Putin mengatakan bahwa dirinya masih memiliki harapan untuk negosiasi guna mengakhiri konflik di Ukraina.

"Terlepas dari kenyataan bahwa operasi militer sedang berlangsung, kami masih berharap bahwa kami akan dapat mencapai kesepakatan di jalur diplomatik," kata Putin kepada Guterres, dalam sambutan yang disiarkan televisi.

"Kami sedang bernegosiasi, kami tidak menolak (pembicaraan)," imbuh Putin seperti dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (27/4/2022).

- Rentetan Ledakan Guncang 3 Wilayah Rusia Dekat Perbatasan Ukraina

Rentetan suara ledakan terdengar di sedikitnya tiga provinsi Rusia yang berbatasan dengan Ukraina pada Rabu (27/4) pagi waktu setempat. Otoritas Rusia tengah menyelidiki sumber suara ledakan tersebut.

Simak juga 'Sekjen PBB Akan Temui Putin dan Zelensky':

[Gambas:Video 20detik]