ADVERTISEMENT

Viral Video Putin Gemetaran, Netizen Pertanyakan Kesehatannya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 11:56 WIB
Russian President Vladimir Putin listens to St. Petersburgs governor Alexander Beglov during their meeting in the Kremlin in Moscow, Russia, Tuesday, March 1, 2022. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (dok. Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Moskow -

Sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, banyak pihak berspekulasi soal kondisi kesehatan Presiden Vladimir Putin. Sebuah video yang membuat netizen mempertanyakan kondisi kesehatan Putin, menjadi viral dan ditonton lebih dari 3 juta kali.

Seperti dilansir Newsweek, Rabu (27/4/2022), invasi ke Ukraina tampaknya makin meningkatkan ketertarikan publik pada sosok Putin yang memerintahkan pengiriman tentara Rusia itu. Setidaknya ada dua video yang viral dan memicu spekulasi para pengguna media sosial bahwa kesehatan Putin memburuk.

Ini bukan pertama kalinya kondisi kesehatan Putin memicu pertanyaan. Tahun 2020 lalu, Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia menyangkal Putin menderita penyakit Parkinson -- gangguan sistem saraf pusat yang mempengaruhi gerakan dan sering disertai tremor.

"Itu benar-benar omong kosong. Semuanya baik-baik saja dengan presiden," tegas juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dikutip Reuters tahun 2020 lalu.

Namun bantahan itu tampaknya tidak banyak membantu dalam menangkal rumor soal kesehatan Putin. Pada Senin (25/4), Visegrad 24 memposting video yang mempertanyakan kesehatan Putin, dengan menyebut kaki dan tangannya tampak gemetar. Hingga kini, video itu sudah ditonton sebanyak 1,3 juta kali.

"Banyak yang mencurigainya setelah pertemuannya yang aneh dengan (Menteri Pertahanan Sergei) Shoigu, di mana dia memegangi meja selama 13 menit. Ini mungkin video paling jelas soal sesuatu yang salah dengan kesehatan Putin," tulis Visegrad 24 dalam postingan Twitter yang menyertakan video viral itu.

"Lihat kaki dan tangannya gemetaran! Adakah dokter di luar sana yang mau memberikan pendapatnya? Parkinson?" imbuh Visegrad 24.

Simak juga video 'Putin: Sanksi Ekonomi Negara Barat Terhadap Rusia Telah Gagal':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT