Rusia Ancam Inggris: Jangan Provokasi Ukraina untuk Serang Wilayah Kami!

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 09:20 WIB
A Ukrainian border guard patrols the border with Russia not far from Hoptivka village, Kharkiv region, Ukraine, Wednesday, Feb. 2, 2022. Russian President Vladimir Putin is accusing the U.S. and its allies of ignoring Russias top security demands but says Moscow is willing to talk more to ease tensions over Ukraine. (AP Photo/Evgeniy Maloletka)
Ilustrasi -- Tentara Ukraina berpatroli di dekat perbatasan Rusia (dok. AP Photo/Evgeniy Maloletka)
Moskow -

Pemerintah Rusia memperingatkan Inggris untuk tidak memprovokasi Ukraina dalam menyerang target-target di wilayah Rusia. Jika provokasi itu terus berlanjut, Moskow mengancam akan ada 'respons proporsional' segera dari pihaknya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (27/4/2022), Kementerian Pertahanan Rusia mengutip pernyataan Menteri Angkatan Bersenjata Inggris James Heappey yang menuturkan kepada radio BBC bahwa sepenuhnya sah bagi Ukraina untuk memburu target di dalam wilayah Rusia untuk mengganggu logistik dan jalur pasokan.

"Kami ingin menggarisbawahi bahwa provokasi langsung oleh London terhadap rezim Kiev untuk tindakan semacam itu, jika tindakan itu dilakukan, akan segera memicu respons proporsional dari kami," tegas Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

"Seperti yang telah kami peringatkan, Angkatan Bersenjata Rusia siap sepanjang waktu untuk melancarkan serangan-serangan balasan dengan senjata jarak jauh yang memiliki presisi tinggi terhadap pusat-pusat pengambilan keputusan di Kiev," cetusnya.

Disebutkan juga oleh Kementerian Pertahanan Rusia bahwa jika serangan Rusia semacam itu dilancarkan, maka tidak akan menjadi persoalan jika perwakilan dari negara Barat tertentu tengah berada di pusat-pusat pengambilan keputusan Ukraina tersebut.

Diketahui bahwa dalam pernyataan kepada radio BBC, Heappey menyatakan sepenuhnya sah bagi Ukraina untuk menyerang jalur logistik dan pasokan bahan bakar Rusia. Dia juga mengakui bahwa persenjataan yang dikirimkan komunitas internasional kepada Ukraina, memiliki jangkauan hingga ke wilayah Rusia.

Belum ada tanggapan resmi dari otoritas Inggris maupun Ukraina terhadap peringatan yang dilontarkan Rusia tersebut.

Lihat video 'Detik-detik Ukraina Tembakkan Roket ke Tentara Rusia di Luhansk':

[Gambas:Video 20detik]