ADVERTISEMENT

Viral Video Putin Gemetaran, Netizen Pertanyakan Kesehatannya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 11:56 WIB
Russian President Vladimir Putin listens to St. Petersburgs governor Alexander Beglov during their meeting in the Kremlin in Moscow, Russia, Tuesday, March 1, 2022. (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (dok. Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Video yang diunggah Visegrad 24 itu menunjukkan Putin yang sedang berdiri sempat tampak gemetar pada bagian tangan kanannya sebelum dia menjabat tangan seseorang.

Video itu muncul beberapa hari setelah sebuah video lainnya yang juga membuat pengguna media sosial mempertanyakan kesehatan Putin. Video yang diunggah oleh kepala biro Financial Times di Moskow, Max Seddon, itu direkam saat pertemuan Putin dan Shoigu, pekan lalu, untuk membahas operasi militer Rusia di kota pelabuhan Mariupol, Ukraina.

Dalam video itu, Putin terlihat sedang berbicara dengan Shoigu sembari tangan kanannya memegangi ujung meja dan berulang kali mengetukkan kakinya ke lantai. Video berdurasi lebih dari 3 menit itu telah ditonton sebanyak 2,5 juta kali.

Sementara video itu tidak secara langsung mempertanyakan kesehatan Putin, banyak pengguna media sosial yang memberikan komentar dengan pertanyaan-pertanyaan dan spekulasi soal kondisi orang nomor satu di Rusia itu.

"Putin, menyandar pada kursi, mencengkeram meja. Dia baik-baik saja kan? Sehat?" tanya seorang kontributor CNN, Frida Ghitis.

"Bagian yang paling aneh: perhatikan bagaimana kaki kanannya tampaknya secara tanpa sadar tertekuk atau kejang setidaknya beberapa kali. Dia kemudian melakukan ketukan kecil di kakinya segera setelah itu. 0:47 dan 0:59 menjadi contoh sangat jelas," tulis pengguna Twitter dengan nama @MarkaMatsu.

Tidak diketahui apakah Putin menderita gangguan kesehatan seperti yang dicurigai oleh para pengguna media sosial. Kremlin belum memberikan komentar resminya terhadap spekulasi baru yang beredar. Newsweek telah menghubungi Kementerian Luar Negeri Rusia, tapi belum ada tanggapan.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT