ADVERTISEMENT

Pamer Rudal Antarbenua, Kim Jong-Un Bersumpah Perkuat Senjata Nuklir!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 12:53 WIB
Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un bersumpah untuk memperkuat program senjata nuklir Korut. Hal itu disampaikan Kim Jong-Un saat mengawasi parade militer besar-besaran di Pyongyang pada Senin (25/4) tengah malam.

"Kita akan terus mengambil langkah-langkah untuk memperkuat dan mengembangkan kemampuan nuklir negara kita dalam kecepatan paling cepat," ujar Kim Jong-Un seperti dikutip dari transkrip yang dirilis kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) dan dilansir AFP, Selasa (26/4/2022).

Menurut KCNA, Kim Jong-un menyampaikan hal itu dalam pidatonya pada Senin (25/4) tengah malam saat parade memperingati 90 tahun berdirinya Tentara Revolusioner Rakyat Korea digelar di Alun-alun Kim Il-Sung di Pyongyang.

Korut diketahui berada di bawah rentetan sanksi internasionalnya terkait program senjata nuklirnya. Negosiasi berulang kali untuk meyakinkan Kim Jong-Un mengakhiri program nuklir Korut tidak membuahkan hasil apapun.

Dalam pidatonya, Kim Jong-Un menyebut senjata nuklir Korut sebagai 'simbol kekuatan nasional'.

"Lebih memperkuat dan mengembangkan kekuatan nuklir kita dengan kecepatan setinggi mungkin," cetus Kim Jong-Un dalam pidatinya..

Disebutkan juga oleh Kim Jong-Un, menurut KCNA, bahwa meski peran utama senjata nuklir Korut sebagai pencegah, senjata itu 'tidak bisa terikat hanya pada satu misi'.

"Jika ada kekuatan yang mencoba merampas kepentingan fundamental negara kita, kekuatan nuklir kita tidak akan punya pilihan lainnya selain melakukan misi keduanya secara tak terduga," sebut Kim Jong-Un.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT