Korban Terus Berjatuhan Gegara Bentrokan di Kompleks Masjid Al-Aqsa

ADVERTISEMENT

Korban Terus Berjatuhan Gegara Bentrokan di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 24 Apr 2022 04:01 WIB
Palestinian rescue workers attend to an injured man during clashes with Israeli security forces at the compound that houses Al-Aqsa Mosque, known to Muslims as Noble Sanctuary and to Jews as Temple Mount, in Jerusalems Old City April 22, 2022. REUTERS/Ammar Awad
Foto: REUTERS/AMMAR AWAD
Jakarta -

Korban terus berjatuhan imbas dari bentrokan antara polisi Israel dengan demonstran Palestina yang berlanjut di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. Dilaporkan lebih dari 50 orang mengalami luka-luka dalam bentrokan terbaru itu, salah satu korban diduga mengalami kondisi serius.

Diketahui, dalam sepekan terakhir, lebih dari 200 orang yang sebagian besar warga Palestina menjadi korban luka dalam bentrokan yang pecah di dalam dan sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa.

Warga Palestina marah oleh pengerahan besar-besaran polisi Israel dan kunjungan berulang dari warga Yahudi ke situs suci itu. Berdasarkan konvensi lama, setiap umat Yahudi diizinkan mengunjungi kompleks Masjid Al-Aqsa atau Temple Mount dalam kondisi tertentu, namun tidak diperbolehkan untuk berdoa di sana.

Pada Kamis (21/3) waktu setempat, para menteri negara-negara Arab dalam pertemuan di Yordania -- penjaga situs suci di Yerusalem Timur -- mengecam 'serangan dan pelanggaran yang dilakukan Israel terhadap para jemaah' di Masjid Al-Aqsa.

Mereka menyebutnya sebagai 'provokasi terang-terangan terhadap perasaan umat Muslim di mana pun'.


Serangan Roket Ditembakkan dari Gaza ke Israel

Selain bentrokan pecah di Yerusalem, konflik juga berlanjut di Jalur Gaza dengan roket kembali ditembakkan dari wilayah yang dikuasai Hamas itu ke wilayah Israel untuk ketiga kalinya dalam beberapa hari terakhir. Situasi ini dikhawatirkan akan memicu konflik baru antara Hamas dan Israel.

Beberapa jam usai kerumunan warga Gaza menggelar aksi solidaritas untuk warga Palestina di Al-Aqsa pada Jumat (22/4) waktu setempat, militan-militan di Gaza menembakkan dua roket ke wilayah Israel.

Militer Israel dalam pernyataan via Twitter menyebut satu roket mengenai 'sebuah lapangan terbuka di dekat pagar perbatasan dengan Gaza bagian utara' dan satu roket lainnya mendarat 'di dalam wilayah Gaza'.

Seorang saksi mata menuturkan bahwa satu orang mengalami luka ringan di Gaza setelah sebuah roket jatuh di sebelah rumahnya.

Selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT