57 Orang Terluka dalam Bentrokan Terbaru di Kompleks Masjid Al-Aqsa

ADVERTISEMENT

57 Orang Terluka dalam Bentrokan Terbaru di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Apr 2022 11:01 WIB
Palestinian rescue workers attend to an injured man during clashes with Israeli security forces at the compound that houses Al-Aqsa Mosque, known to Muslims as Noble Sanctuary and to Jews as Temple Mount, in Jerusalems Old City April 22, 2022. REUTERS/Ammar Awad
Ilustrasi -- Bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa (REUTERS/AMMAR AWAD)
Yerusalem -

Bentrokan antara polisi Israel dengan demonstran Palestina yang berlanjut di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, memakan korban luka-luka. Lebih dari 50 orang dilaporkan mengalami luka-luka, dengan salah satunya mengalami kondisi serius.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (23/4/2022), Masjid Al-Aqsa yang merupakan situs tersuci ketiga bagi umat Muslim, juga disakralkan oleh umat Yahudi yang menyebutnya sebagai Temple Mount. Bentrokan terbaru pecah pada Jumat (22/4) waktu setempat setelah polisi Israel kembali menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa.

Kepolisian Israel dalam pernyataannya menyebut warga Palestina mulai melemparkan batu ke arah Tembok Ratapan -- situs tersuci di mana umat Yahudi bisa berdoa -- sebelum Jumat (22/4) subuh waktu setempat.

"Polisi menggunakan cara-cara pembubaran massa demi menghentikan kekerasan," demikian pernyataan Kepolisian Israel, sembari menyebut satu polisi mengalami luka-luka.

Laporan seorang fotografer AFP menyebut polisi Israel menembakkan gas air mata dan peluru karet ke arah para pemuda Palestina yang melempari mereka dengan batu.

Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan sekitar 57 orang mengalami luka-luka dalam bentrokan itu, termasuk 14 warga Palestina yang dilarikan ke rumah sakit. Disebutkan juga bahwa salah satu korban luka mengalami kondisi serius.

Satu korban luka yang kondisinya serius itu dilaporkan sebagai seorang pria Palestina yang mengalami cedera di bagian kepala saat bentrokan terjadi dan dilarikan ke Rumah Sakit Hadssah di Yerusalem. Juru bicara rumah sakit menuturkan kepada AFP bahwa pria Palestina itu 'dalam kondisi sangat serius'.

Diklaim oleh Kepolisian Israel bahwa pria muda itu, yang disebut 'melemparkan batu dan terlibat kerusuhan', mengalami 'luka serius ketika dia terjatuh' saat berusaha melarikan diri dari polisi.

Simak Video 'Warga Palestina-Polisi Israel Kembali Terlibat Bentrok di Yerusalem':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT