ADVERTISEMENT

Italia Segera Setop Beli Gas Rusia Gegara Invasi ke Ukraina

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 17:08 WIB
Kota Mariupol, Ukraina, dijaga oleh sejumlah pasukan pro-Rusia. Belum lama ini, Rusia pun dilaporkan akan menutup jalur masuk dan keluar kota yang terkepung itu
kerusakan di Ukraina akibat serangan Rusia (Foto: REUTERS/ALEXANDER ERMOCHENKO)
Jakarta -

Italia akan segera berhenti membeli gas Rusia gegara invasi negara itu ke Ukraina. Menteri Transisi Ekologi Italia Roberto Cingolani mengatakan bahwa negara tersebut secara etis berkewajiban untuk berhenti membeli gas Rusia karena pembayaran yang diterimanya dipakai untuk mendanai perang Ukraina.

"Saya pikir kita harus segera menghentikan pasokan gas dari Rusia karena alasan etis," katanya dalam wawancara dengan surat kabar La Stampa.

Menteri Italia itu saat ini tengah dalam lawatan dua hari ke Angola dan Republik Kongo untuk mengupayakan kesepakatan energi, saat Italia berjuang untuk mengurangi ketergantungannya pada Rusia, yang menyediakan sekitar 45 persen gas Italia.

"Kita mendiversifikasi sumber kita dengan kecepatan tinggi," tuturnya.

"Jelas bahwa seluruh Eropa sangat bergantung pada Rusia untuk gas, dan ini telah menjadi kesalahan geopolitik besar yang dibuat selama 20 tahun terakhir," katanya.

"Tidak ada gunanya berpikir kita bisa menyelesaikannya dalam sebulan. Dari sudut pandang tertentu, bagaimanapun, uang ini banyak... kita secara tidak langsung membiayai perang," cetusnya.

Cingolani memperkirakan negara itu tidak akan lagi membutuhkan gas Rusia dalam waktu 18 bulan. Namun, dua minggu sebelumnya dia mengatakan dia memperkirakan itu akan memakan waktu hingga tiga tahun.

"Pada paruh kedua tahun depan kita benar-benar akan mulai memiliki kemerdekaan yang hampir lengkap," katanya kepada La Stampa.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT