Beda Klaim Rusia vs Ukraina soal Penyebab Kapal Perang Rusak Parah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Apr 2022 04:35 WIB
The Russian Navys guided missile cruiser Moskva sails back into a harbour after tracking NATO warships in the Black Sea, in the port of Sevastopol, Crimea November 16, 2021. REUTERS/Alexey Pavlishak/File Photo
Ilustrasi -- Kapal perang Rusia, Moskva, dalam foto di pelabuhan Sevastopol, Crimea, pada November 2021 (Foto: REUTERS/Alexey Pavlishak/File Photo )
Jakarta -

Perbedaan klaim terjadi antara Rusia dan Ukraina. Hal ini berkaitan dengan meledaknya satu kapal perang Rusia di Laut Hitam.

Ukraina menyatakan kapal perang Rusia tersebut meledak dan terbakar hebat akibat serangan dari rudal Ukraina.

Pasukan Ukraina disebut meluncurkan serangan rudal ke salah satu kapal perang Rusia yang berisi 510 awak. Kapal tersebut terbakar hebat dan terjebak di tengah badai.

"Rudal Neptunus yang menjaga Laut Hitam menyebabkan kerusakan yang sangat serius pada kapal Rusia. Kemuliaan bagi Ukraina!" kata Gubernur Odessa Oblast Maksym Marchenko menulis di Telegram seperti dilansir AFP, Kamis (14/4/2022).

Serangan tersebut juga dikonfirmasi oleh Penasihat presiden Ukraina Oleksiy Arestovych. Dia mengatakan bahwa kejutan terjadi dengan kapal utama Armada Laut Hitam Rusia.

Dia memastikan saat ini kapal berisi 510 awak tersebut terbakar hebat. Dia belum bisa memastikan apakah kapal tersebut bisa dievakuasi.

"Ini terbakar hebat. Saat ini. Dan dengan badai laut ini tidak diketahui apakah mereka akan dapat menerima bantuan. Ada 510 awak kapal," katanya dalam siaran YouTube.

"Kami tidak mengerti apa yang terjadi," lanjutnya.

Simak video 'Spesifikasi Bushmaster, Kendaraan Lapis Baja Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



Pernyataan berbeda diberikan Rusia, simak halaman selanjutnya