Terungkap! Ini Penyebab Malaysia Airlines Boeing 737-800 Menukik Tajam

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 14:12 WIB
Malaysia Airlines
Ilustrasi -- Pesawat maskapai Malaysia Airlines (dok. Getty Images/HuyThoai)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia telah menemukan penyebab 'gangguan teknis' yang memaksa penerbangan maskapai Malaysia Airlines tujuan Tawau untuk kembali ke Kuala Lumpur pada 3 April lalu. Pesawat jenis Boeing 737-800 itu sebelumnya dilaporkan tiba-tiba menukik tajam ribuan kaki sekitar 30 menit setelah lepas landas.

Seperti dilansir Free Malaysia Today, Rabu (13/4/2022), CEO Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) Chester Voo mengungkapkan bahwa berdasarkan analisis awal pada perekam data penerbangan (FDR), telah ditetapkan jika gangguan teknis dalam penerbangan 3 April lalu terjadi akibat malfungsi sistem pitot-statis.

Sistem pitot-statis merupakan sebuah set instrumen yang sensitif terhadap tekanan yang digunakan untuk menentukan kecepatan dan ketinggian pesawat di udara.

Dalam pernyataannya, Voo menyebut Boeing 737-800 yang mengalami insiden itu telah di-grounded hingga pemberitahuan lebih lanjut. Disebutkan juga bahwa pihak Boeing tengah melakukan analisis teknis.

Selain menginstruksikan Malaysia Airlines untuk melakukan pengkajian bersama CAAM soal laporan keandalan yang fokus pada masalah serupa untuk armada Boeing 737-800, CAAM juga meminta pihak maskapai menuntaskan inspeksi pitot-statis terhadap seluruh pesawat jenis Boeing 737-800 miliknya.

Lebih lanjut, Voo menjelaskan bahwa malfungsi sistem yang melanda pesawat dengan nomor penerbangan MH2664 itu menghasilkan indikasi kecepatan palsu yang membuat pesawat dalam posisi naik dan menonaktifkan autopilot.

"Dalam merespons ini, reaksi langsung dan tepat dari pilot adalah mengambil alih kendali positif atas pesawat," sebut Voo.

"Ini penting untuk memastikan pesawat tetap di bawah kendali pilot, berdasarkan indikasi akurat yang tersisa dengan menggunakan instrumen yang tersisa," imbuhnya.

Simak juga 'Jenazah Korban Pesawat Boeing 737-800 China Eastern Ditemukan!':

[Gambas:Video 20detik]