Malaysia Selidiki Boeing 737-800 yang Tiba-tiba Menukik Tajam

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 11:15 WIB
Malaysia Airlines
ilustrasi (Foto: Getty Images/HuyThoai)
Jakarta -

Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia (CAAM) akan membuka penyelidikan terhadap penerbangan Malaysia Airlines (MAS) yang terpaksa kembali ke Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) saat dalam perjalanan ke Tawau pada 3 April lalu. Pesawat jenis Boeing 737-800 tersebut dilaporkan tiba-tiba menukik tajam ribuan kaki sekitar 30 menit setelah lepas landas.

Dilansir dari Malay Mail dan News Straits Times (NST), Kamis (7/4/2022), kepala eksekutif CAAM Kapten Datuk Chester Voo Chee Soon mengatakan bahwa badan tersebut akan meninjau Sistem Pemantauan Data Penerbangan (FDMS) internal penerbangan MH2664 untuk sampai ke akar masalah.

"Data awal telah menunjukkan tanggapan yang benar oleh kru operasi setelah masalah di atas pesawat," ujar Voo.

"CAAM akan terus memantau situasi dan tidak akan berkompromi pada masalah apa pun yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan operasi maskapai dan publik," katanya seperti dikutip oleh NST.

Pihak Malaysia Airlines mengonfirmasi bahwa sebuah pesawat MAS tujuan Tawau berbalik di tengah penerbangan setelah mengalami masalah teknis dan cuaca buruk. Pesawat telah mendarat dengan selamat di KLIA pada pukul 17.03 pada hari Minggu (3/4).

Voo mengatakan bahwa CAAM telah mengkonfirmasi bahwa "Laporan Kejadian Wajib" telah diserahkan oleh MAS menyusul masalah teknis yang dialami pesawat tersebut.

Dia juga mengatakan badan tersebut telah melakukan kontak dengan maskapai-maskapai penerbangan untuk memastikan semua masalah keselamatan teknis ditangani, di bawah semua prosedur dan peraturan keselamatan, yang mencakup tanggapan pilot dan proses kelaikan udara untuk jenis pesawat Boeing 737-800 tersebut.

Simak Video 'Penampakan Black Box Boeing 737-800 yang Jatuh di China Ditemukan!':

[Gambas:Video 20detik]