ADVERTISEMENT

Pengemudi Tewas Usai Tabrakkan Mobilnya ke Kedutaan Rusia di Rumania

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 13:55 WIB
Bucharest -

Seorang pengemudi dilaporkan menabrakkan kendaraannya ke gerbang Kedutaan Besar (Kedubes) Rusia di Bucharest, Rumania. Kendaraan itu terbakar dan sang pengemudi tewas dalam insiden tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (6/4/2022), tewasnya sang pengemudi dalam insiden yang terjadi pada Rabu (6/4) pagi waktu setempat itu dikonfirmasi oleh Kepolisian Bucharest dalam pernyataannya.

Sebuah video yang direkam sebelum petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi, menunjukkan bagian besar mobil terbakar dengan kondisi mobil terjepit pada gerbang Kedutaan Rusia.

Tidak diketahui secara jelas apakah insiden itu merupakan kecelakaan atau aksi yang disengaja.

Kepolisian setempat menyatakan masih menyelidiki lebih lanjut insiden ini. Identitas pengemudi mobil yang tewas itu juga belum diungkap ke publik.

Namun dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah Kedutaan Besar Rusia di negara-negara Eropa lainnya menjadi target para pengunjuk rasa yang marah atas invasi militer Rusia ke Ukraina.

Pada Selasa (5/4) waktu setempat, otoritas Rumania mengumumkan akan mengusir 10 diplomat Rusia yang tidak bertindak sesuai aturan internasional. Langkah itu menyusul negara-negara Eropa lainnya yang beberapa waktu terakhir juga mengusir diplomat-diplomat Rusia di wilayah masing-masing.

Sementara itu, dilaporkan nyaris 624.860 warga Ukraina mengungsi ke Rumania setelah Rusia melancarkan invasi militernya sejak 24 Februari lalu. Dari jumlah itu, sekitar 80.000 pengungsi Ukraina di antaranya masih berada di Rumania.

(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT