Tokoh Pro-Rusia Kembali Menangi Pemilu, Kali Ini Aleksandar Vucic di Serbia

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 19:03 WIB
Serbian President Aleksandar Vucic addresses the public after the first unofficial results of the general elections were known, in Belgrade, on April 3, 2022. (Photo by Elvis BARUKCIC / AFP)
Foto: Aleksandar Vucic (AFP/ELVIS BARUKCIC)
Beograd -

Presiden petahana Serbia, Aleksandar Vucic, mendapatkan 59,5 persen suara dalam pemilihan presiden. Hal itu disampaikan Komisi Pemilihan Negara setelah menghitung 87,67% suara yang masuk.

Dilansir dari CNN, Selasa (5/4/2022), komisi itu juga mengatakan partainya Vucic, Partai Progresif Serbia (SNS), memenangkan 43,4 persen suara dalam pemilihan parlemen. Kandidat presiden oposisi Zdravko Ponos yang merupakan pensiunan jenderal angkatan darat mengumpulkan 17,5 persen, sementara aliansi United for Victory-nya memperoleh 13,1 persen.

Partai Sosialis Serbia, mitra koalisi lama SNS, berada di urutan ketiga dengan 11,7 persen suara. SNS kemungkinan akan gagal mengamankan cukup banyak parlemen dengan 250 kursi untuk memerintah sendirian dan diprediksi harus mencari mitra koalisi. Menurut data awal komisi, jumlah pemilih mencapai 58,54 persen.

Vucic mencalonkan diri untuk masa jabatan lima tahun kedua dengan janji perdamaian dan stabilitas tepat ketika Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari. Kondisi itu menempatkan Serbia di bawah tekanan Barat untuk memilih antara hubungan tradisionalnya dengan Moskow atau aspirasi untuk bergabung dengan Uni Eropa (UE).

Vucic sendiri mengakui konflik di Ukraina berdampak pada kampanye dan mengatakan Serbia tidak memiliki rencana untuk menyimpang dari tawaran keanggotaan Uni Eropa dan hubungan dekat dengan Rusia dan China selaku investor utama mereka.

"Kami akan mempertahankan kebijakan yang penting bagi Eropa, Rusia dan Amerika, dan itu adalah netralitas militer. Serbia akan berusaha menjaga hubungan persahabatan dan kemitraan di banyak bidang dengan Federasi Rusia," kata Vucic.

Lihat juga video 'Warga Rusia di Serbia Bakar Paspor Sebagai Aksi Menentang Perang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.