Bulgaria Usir Lagi Diplomat Rusia karena Dicurigai Jadi Mata-mata

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Apr 2022 14:19 WIB
Russian Flag --- Image by  Royalty-Free/Corbis
ilustrasi bendera Rusia (Foto: Internet/Royalty-Free/Corbis)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri Bulgaria mengumumkan akan kembali mengusir diplomat Rusia karena dicurigai menjadi mata-mata. Pengusiran ini dilakukan hanya dua minggu setelah negara Balkan itu mengusir sepuluh diplomat Rusia.

"Kementerian Luar Negeri menyerahkan catatan yang menyatakan pejabat diplomatik itu 'persona non grata', memberinya tenggat waktu 72 jam untuk meninggalkan negara," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (2/4/2022).

Langkah itu diambil menyusul peringatan dari kejaksaan Bulgaria bahwa diplomat itu -- sekretaris pertama di kedutaan Rusia di Sofia -- "terlibat dalam kegiatan intelijen yang tidak diatur" dengan mengumpulkan "informasi kepentingan nasional. Demikian disampaikan kejaksaan dalam sebuah pernyataan pada Jumat (1/4) pagi waktu setempat.

Jaksa khusus juga mengumumkan bahwa dua perwira tingkat menengah di badan kontra intelijen Bulgaria, Badan Negara untuk Keamanan Nasional (SANS) dan seorang pejabat kementerian ketiga sedang diselidiki karena dicurigai menjadi mata-mata untuk Rusia, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Secara terpisah, Kepala SANS, Plamen Tonchev mengatakan pada konferensi pers bahwa dua pejabat lama - seorang kepala sektor dan seorang kepala departemen - diskors dari pekerjaan setelah penyelidikan internal di badan tersebut mengungkapkan bahwa salah satu dari mereka "bekerja untuk kepentingan Rusia".

Tonchev mengisyaratkan bahwa pengungkapan ini akan melihat "lebih banyak (diplomat Rusia) yang dinyatakan 'persona non grata' di Bulgaria setelah kasus ini."

Sebelumnya pada 18 Maret lalu, Bulgaria juga telah mengusir sepuluh diplomat Rusia, di tengah serangkaian pengusiran diplomat Rusia dari negara-negara Eropa setelah invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari lalu.

(ita/ita)