Makin Panas! AS-Sekutu Akan Kirim Tank Buatan Soviet ke Ukraina

ADVERTISEMENT

Makin Panas! AS-Sekutu Akan Kirim Tank Buatan Soviet ke Ukraina

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 02 Apr 2022 12:43 WIB
Pasukan Ukraina merebut kembali sebagian besar kawasan Irpin di pinggiran kota Kyiv usai pertempuran sengit melawan Rusia. Lantas seperti apa kondisi di sana?
kerusakan di Ukraina akibat serangan Rusia (Foto: REUTERS/STRINGER)
Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat akan bekerja sama dengan sekutu-sekutu untuk mengirim tank-tank militer buatan Uni Soviet guna memperkuat pertahanan Ukraina di wilayah Donbas, bagian timur negara itu.

Hal ini diungkapkan seorang pejabat AS seperti diberitakan media New York Times, Sabtu (2/4/2022). Pejabat tersebut mengatakan, keputusan AS untuk bertindak sebagai perantara untuk membantu mengirim tank-tank buatan Soviet tersebut, diambil sebagai tanggapan atas permintaan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Jika terlaksana, ini menandai pertama kalinya dalam perang di Ukraina bahwa Amerika Serikat telah membantu mengirimkan tank-tank militer.

Pejabat AS itu mengatakan pengiriman tank akan segera dimulai. Namun, dia menolak mengatakan berapa banyak tank yang akan dikirim, atau dari negara mana tank-tank itu akan datang. Menurut pejabat AS yang tak ingin disebut namanya tersebut, tank-tank itu akan membuat Ukraina mampu melakukan serangan artileri jarak jauh terhadap target-target Rusia di Donbas.

Kedatangan tank-tank ini bisa menjadi sinyal lain dari fase baru dalam perang di Ukraina, yang telah berlangsung lebih dari sebulan, dan telah didominasi oleh serangan Rusia di kota-kota Ukraina dan instalasi-instalasi dari udara.

Awal pekan ini, para pejabat Rusia mengindikasikan bahwa mereka kini memfokuskan kembali upaya mereka di Ukraina timur, di mana separatis yang didukung Rusia telah memerangi tentara Ukraina sejak 2014.

Tonton juga Video: Zelenskiy Sebut Rusia Monster Neraka yang Ganas

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT