Biden: Sejumlah Penasihat Putin Mungkin Jadi Tahanan Rumah

ADVERTISEMENT

Biden: Sejumlah Penasihat Putin Mungkin Jadi Tahanan Rumah

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 01 Apr 2022 10:08 WIB
Presiden AS Joe Biden mengunjungi Polandia di sela-sela perjalanan empat hari ke Eropa. Di Polandia Biden bertemu dan berbincang dengan para pengungsi Ukraina.
Presiden AS Joe Biden (dok. AP Photo)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin mungkin menempatkan sejumlah penasihatnya sebagai 'tahanan rumah' ketika dirinya menjadi 'terisolasi' saat memimpin operasi militer di Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Jumat (1/4/2022), hal itu disampaikan Biden dalam pernyataan publik pertama menyangkut penilaian intelijen Barat ketegangan internal di dalam Kremlin terkait invasi Ukraina. Dalam pernyataannya, Biden juga menyebut dirinya meragukan klaim Rusia soal pengurangan aktivitas militer di Ukraina.

"Dia (Putin-red) tampaknya terisolasi sendiri dan ada sejumlah indikasi bahwa dia memecat atau menempatkan beberapa penasihatnya dalam tahanan rumah," ujar Biden kepada wartawan setempat.

Pernyataan itu disampaikan Biden ketika ditanya soal laporan intelijen Inggris dan AS yang menyebut Putin tidak mendapatkan informasi yang tepat dari para staf dan penasihatnya soal kesulitan yang dihadapi militer Rusia di Ukraina.

Namun, Biden juga melunakkan pernyataannya, dengan menyebut 'ada banyak spekulasi' dan dirinya tidak ingin 'terlalu meyakini itu'.

Secara terpisah, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menyampaikan hal senada.

"Kami melihat laporan-laporan bahwa berbagai pejabat Rusia disingkirkan, diasingkan, pada dasarnya diabaikan, atau seperti yang disinggung oleh presiden, bahkan ditempatkan di bawah tahanan rumah," tutur Price.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT