Serangan Bom Mobil di Yaman, Perwira Senior-4 Tentara Tewas

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 02:33 WIB
Yemeni security forces and rescue teams gather around the carcass of a burnt car following an explosion that hit Yemens southern port city of Aden, on October 10, 2021. - Five people have been killed in a car-bomb attack targeting the governor of Aden, the seat of Yemens internationally recognised government, Yemeni security sources said. (Photo by Saleh Al-OBEIDI / AFP)
Ilustrasi (AFP/SALEH AL-OBEIDI)
Jakarta -

Seorang perwira senior militer dan empat tentara Yaman yang tewas dalam serangan bom di dekat Kota Aden. Serangan bom tersebut menggunakan mobil.

"Mayor Jenderal Thabet Jawas dan empat tentara tewas dalam ledakan bom mobil ketika kendaraan mereka lewat... di daerah utara Aden," kata seorang pejabat keamanan seperti dilansir AFP, Kamis (24/3/2022).

Seorang pejabat setempat mengkonfirmasi serangan itu dan jumlah korban tewas. Tidak ada klaim tanggung jawab atas serangan tersebut.

Jawas dianggap sebagai salah satu komandan utama yang memerangi pemberontak Houthi Yaman yang didukung Iran sejak dimulainya perang saudara di negara itu pada tahun 2014.

Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional pindah ke Aden dari ibu kota Sanaa pada akhir 2014. Koalisi militer pimpinan Saudi melakukan intervensi pada 2015 untuk mendukung pemerintah.

Yaman selatan sering menjadi sasaran serangan bom mobil atau rudal yang pihak berwenang menyalahkan pemberontak. Aden juga menjadi sasaran beberapa serangan.

Al-Qaeda di Semenanjung Arab dan militan lain yang setia kepada ISIS telah berkembang pesat dalam kekacauan perang Yaman.

(rfs/rfs)