AS-NATO Yakin Belarusia Bakal Bantu Rusia Perang Lawan Ukraina

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 23 Mar 2022 00:56 WIB
Rusia masih mengepung dan menyerang kota Mariupol, Ukraina. Sejumlah tank milik tentara pro-Rusia pun bersiaga di jalan-jalan kawasan Mariupol. Ini fotonya.
Ilustrasi, tank (Foto: REUTERS/ALEXANDER ERMOCHENKO)
Washington -

Amerika Serikat (AS) dan NATO yakin Belarusia bakal segera bergabung dengan pasukan Rusia untuk berperang melawan Ukraina. Belarusia diyakini bakal mengambil langkah tertentu terkait peperangan itu.

Dilansir dari CNN, seorang pejabat militer di NATO menduga Belarusia dimungkinkan akan terlibat dalam konflik Rusia-Ukraina.

"(Presiden Rusia Vladimir) Putin membutuhkan dukungan. Apa pun akan membantu," pejabat tersebut dilansir dari CNN, Selasa (23/3/2022).

Sumber CNN menyebutkan Belarusia telah menyiapkan unit tempur. Dalam beberapa hari ke depan, unit tempur itu bakal berada di Ukraina.

Ribuan pasukan, jelas sumber CNN, siap untuk dikerahkan. Sementara itu, seorang pejabat senior intelijen NATO menyebut pemerintah Belarusia "Sedang mempersiapkan untuk membenarkan serangan Belarusia terhadap Ukraina".

Diketahui, ribuan tentara Rusia berkumpul di Belarusia menjelang invasi ke Ukraina pada bulan lalu. AS dan Eropa kemudian turut menerapkan sejumlah sanksi terhadap pejabat-pejabat Belarusia, termasuk Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Simak video 'Rusia Sebut Ukraina Rencanakan Provokasi Serang AS':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)