ADVERTISEMENT

Selamat dari Kamp Nazi, Kakek 96 Tahun Tewas Akibat Serangan Rusia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Mar 2022 17:11 WIB
A member of the Ukrainian Emergency Service looks at the City Hall building in the central square following shelling in Kharkiv, Ukraine, Tuesday, March 1, 2022. (AP Photo/Pavel Dorogoy)
Ilustrasi -- Dampak gempuran pasukan Rusia di Kharkiv, Ukraina (Dok. AP Photo/Pavel Dorogoy)
Kiev -

Borys Romanchenko, seorang kakek berusia 96 tahun di Ukraina yang merupakan korban selamat Holocaust puluhan tahun lalu, dilaporkan tewas akibat serangan Rusia di kota Kharkiv. Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina Dmytro Kuleba menyebut Romanchenko 'selamat dari Hitler, dibunuh oleh Putin'.

Seperti dilansir CNN, Selasa (22/3/2022), kematian Romanchenko dikonfirmasi oleh institut memorial kamp konsentrasi Buchenwald dalam pernyataan via Twitter. Romanchenko meninggal pada Jumat (18/3) lalu akibat serangan pasukan Rusia di kota Kharkiv.

Disebutkan bahwa Romanchenko selamat dari empat kamp konsentrasi di Buchenwald, Peenemunde, Dora dan Bergen-Belsen selama Perang Dunia II sekitar 77 tahun lalu. Pihak institut memorial menyatakan mereka 'terkejut' oleh kabar kematian Romanchenko.

Menurut pihak institut memorial kamp konsentrasi Buchenwald, Romanchenko terlibat 'secara intensif terkait memori atas kejahatan Nazi dan pernah menjabat Wakil Presiden Komisi Internasional Buchenwald-Dora'.

Cucu perempuan Romanchenko, Yulia, menuturkan kepada CNN bahwa dirinya 'mengetahui soal gempuran di distrik permukiman Saltivka pada 18 Maret dari jejaring sosial'.

"Saya bertanya kepada penduduk lokal apakah mereka mengetahui sesuatu soal rumah kakek saya. Mereka mengirimi saya video rumah yang terbakar. Saya mengetahui ini setelah jam malam dan oleh karena itu saya tidak bisa pergi ke sana segera'.

Ketika Yulia berhasil sampai ke area tempat tinggal Romanchenko, dia mendapati rumah kakeknya 'terbakar sepenuhnya -- tidak ada jendela, tidak ada balkon, tidak ada apa-apa di apartemennya'.

Lihat juga video '87,5 Tahun Dicuri Nazi, Lukisan Winter Karya Gari Melchers Kembali':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT