ADVERTISEMENT

Wali Kota Ukraina Ditahan Pria Bersenjata dari Gedung Pemerintah

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 12 Mar 2022 10:04 WIB
Ribuan warga mengungsi usai Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022 lalu. Sebelas hari usai diinvasi Rusia, ibu kota Ukraina, Kyiv, tampak sepi.
Ilustrasi -- Suasana ibu kota Kiev di Ukraina saat pasukan Rusia menginvasi (dok. Reuters)

Rusia belum memberikan komentar terhadap hal ini.

Namun, seperti dilaporkan CNN, kantor jaksa wilayah Luhansk di Ukraina bagian timur yang dikuasai separatis pro-Rusia menyatakan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan untuk menjeratkan dakwaan terorisme terhadap Fedorov.

Menurut pesan pada situs jaksa Luhansk, Fedorov dituduh membantu dan mendanai aktivitas teroris dan menjadi bagian dari komunitas penjahat.

Diklaim oleh kantor jaksa Luhansk bahwa Fedorov adalah anggota 'Sektor Kanan', yang sebelumnya dilaporkan oleh CNN sebagai paramiliter dan kelompok politik Ukraina yang beraliran nasionalis. Kelompok itu memiliki posisi anti-Rusia, namun para pengamat independen menyebut kelompok itu bukan ancaman fasis seperti diklaim Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kantor jaksa Luhansk mengklaim 'Sektor Kanan' telah melakukan aksi teroris terhadap warga sipil di Donbas -- wilayah Ukraina bagian timur yang dikuasai separatis pro-Rusia, tanpa menjelaskan detailnya.


(nvc/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT