ADVERTISEMENT

Biden Ingatkan Intervensi Langsung AS di Ukraina Berarti Perang Dunia III

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 12 Mar 2022 09:10 WIB
President Joe Biden speaks about the end of the war in Afghanistan from the State Dining Room of the White House, Tuesday, Aug. 31, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)
Presiden AS Joe Biden (dok. AP Photo/Evan Vucci)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden kembali menegaskan bahwa AS tidak akan mengirimkan langsung tentaranya ke Ukraina yang tengah diinvasi Rusia. Biden memperingatkan bahwa intervensi langsung AS maupun aliansi NATO untuk berhadapan dengan Rusia di Ukraina akan menjadi Perang Dunia III.

"Saya ingin memperjelas: Kita akan mempertahankan setiap inci wilayah NATO dengan kekuatan penuh dari NATO yang bersatu dan bersemangat," ucap Biden dalam pernyataan via Twitter seperti dilansir BBC, Sabtu (12/3/2022).

"Tapi kita tidak akan berperang melawan Rusia di Ukraina," tegasnya.

"Konfrontasi langsung antara NATO dan Rusia adalah Perang Dunia III. Dan itu sesuatu yang harus kita upayakan untuk dicegah," sebut Biden mengingatkan.

Biden berulang kali mengatakan bahwa mengirimkan pasukan AS untuk bertempur langsung dengan Rusia di Ukraina menjadi hal yang tidak mungkin dilakukan.

Kendati demikian, Biden juga menegaskan bahwa AS akan memastikan Ukraina memiliki persenjataan untuk mempertahankan diri dalam melawan pasukan Rusia.

"Namun saya ingin memperjelas, kita akan memastikan bahwa Ukraina memiliki persenjataan untuk mempertahankan diri mereka dari pasukan Rusia yang menginvasi," ujarnya seperti dilansir CNN.

Lihat Video: Zelensky Klaim Ukraina Hampir Menang: Perang Lawan Musuh Keras Kepala!

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT