ADVERTISEMENT

Wali Kota Ukraina Ditahan Pria Bersenjata dari Gedung Pemerintah

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 12 Mar 2022 10:04 WIB
Ribuan warga mengungsi usai Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari 2022 lalu. Sebelas hari usai diinvasi Rusia, ibu kota Ukraina, Kyiv, tampak sepi.
Ilustrasi -- Suasana ibu kota Kiev di Ukraina saat pasukan Rusia menginvasi (dok. Reuters)
Kiev -

Wali Kota Melitopol di Ukraina, Ivan Fedorov, dilaporkan telah ditahan dan dibawa pergi sekelompok pria bersenjata dari gedung pemerintahan setempat. Penahanan Fedorov itu terekam kamera CCTV yang terpasang di alun-alun kota Melitopol, yang kini dikuasai pasukan Rusia.

Seperti dilansir CNN dan BBC, Sabtu (12/3/2022), penahanan Fedorov oleh sekelompok pria bersenjata itu menjadi kasus pertama yang diketahui secara jelas terkait penahanan pejabat politik Ukraina saat invasi militer Rusia terus berlanjut.

Rekaman video yang menunjukkan momen Fedorov dibawa pergi sekelompok pria bersenjata itu beredar luas di media sosial, termasuk diposting oleh media oposisi Belarusia, NEXTA.

Hasil analisis BBC menunjukkan rekaman video itu berasal dari kamera CCTV yang dipasang mengarah ke air mancur di Square of Victory, di samping Liberator Arch, yang ada di pusat kota Melitopol.

CNN secara terpisah juga telah melakukan geolokasi dan memverifikasi keaslian video tersebut.

Sejumlah media lokal, yang mengutip percakapan Dewan Kota Melitopol, mengonfirmasi bahwa pria yang dibawa pergi sekelompok pria bersenjata dalam video itu memang merupakan Fedorov.

Sebelumnya, penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina Anton Herashchenko menyebut Fedorov telah diculik dari 'pusat krisis' yang ada di pusat kota Melitopol, dengan kantong plastik menutupi kepalanya. Kementerian Luar Negeri Ukraina menyebutnya sebagai 'kejahatan perang'.

Simak Video: Zelensky Klaim Ukraina Hampir Menang: Perang Lawan Musuh Keras Kepala!

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT