ADVERTISEMENT

Corona Tak Lagi Berbahaya, Austria Tangguhkan Aturan Wajib Vaksin

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 09 Mar 2022 18:37 WIB
Pemerintah Austria terapkan lockdown total mulai Senin (22/11) waktu setempat imbas COVID-19. Akibatnya, sejumlah kawasan tampak sepi dari aktivitas warga.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Austria (dok. AP Photo)
Wina -

Pemerintah Austria menangguhkan aturan yang mewajibkan vaksinasi virus Corona (COVID-19) untuk semua warga dewasa. Alasannya, pandemi Corona dianggap tidak lagi menimbulkan bahaya seperti sebelumnya.

Seperti dilansir AFP, Rabu (9/3/2022), Austria yang berpenduduk sembilan juta orang ini termasuk di antara sejumlah kecil negara di dunia yang mewajibkan vaksinasi Corona untuk semua warga dewasa di wilayahnya. Aturan wajib vaksin itu berlaku mulai Februari lalu dan menjadi yang pertama di kawasan Uni Eropa.

Austria bahkan memberlakukan denda hingga 3.600 Euro (Rp 56,5 juta) mulai pertengahan Maret bagi orang-orang yang tidak mematuhi aturan wajib vaksin itu.

Namun, Menteri Austria untuk Uni Eropa Karoline Edtstadler mengatakan bahwa 'pelanggaran hak-hak dasar' dalam aturan tersebut tidak lagi bisa dibenarkan oleh bahaya yang ditimbulkan pandemi Corona.

"Setelah berkonsultasi dengan Menteri Kesehatan, kami memutuskan bahwa kami tentu saja akan mengikuti apa yang dikatakan komisi (para pakar)," ucap Edtstadler kepada wartawan setempat usai rapat kabinet.

"Kami melihat tidak ada keperluan untuk benar-benar menerapkan wajib vaksinasi ini karena varian (Omicron) yang sebagian besar kita alami di sini," imbuhnya.

Varian Omicron yang sangat menular diyakini secara luas tidak separah varian-varian sebelumnya. Sejauh ini, rumah-rumah sakit di Austria dinilai mampu menghadapi lonjakan kasus Corona yang terjadi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT