Diam-diam, China Lockdown Area Dekat Beijing Gegara Kasus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 15:28 WIB
This photo taken on December 28, 2021 shows a sanitation worker sweeping a deserted road in Xian in Chinas northern Shaanxi province, amid a coronavirus lockdown in the city. (Photo by AFP) / China OUT
Ilustrasi -- Situasi lockdown Corona di salah satu kota di China beberapa waktu lalu (dok. AFP/STR)
Beijing -

Otoritas China menerapkan lockdown terhadap sebuah area di dekat ibu kota Beijing pada pekan ini menyusul terdeteksinya sejumlah kasus virus Corona (COVID-19). Lockdown yang diberlakukan hanya sepekan menjelang Olimpiade Musim Dingin ini tidak diumumkan ke publik.

Seperti dilansir AFP, Jumat (28/1/2021), sekitar 1,2 juta orang yang tinggal di Area Baru Xiong'an -- zona ekonomi baru yang berjarak 100 kilometer sebelah barat daya Beijing -- tidak lagi diperbolehkan masuk atau keluar kompleks permukiman mereka mulai pekan ini.

Sementara lockdown yang diterapkan beberapa waktu terakhir di China selalu diumumkan ke publik dan dilaporkan secara luas oleh media pemerintah, lockdown di Xiong'an tampaknya diberlakukan secara diam-diam tanpa pengumuman publik. Hal tersebut memicu kebingungan di kalangan warga setempat.

"Kita memperkirakan ini (lockdown-red) akan berlangsung sekitar seminggu, namun waktu pastinya tidak diketahui secara pasti," ucap seorang staf pencegahan virus di Xiong County, yang enggan disebut namanya.

Penerapan lockdown dimulai sejak Selasa (25/1) waktu setempat, atau hari yang sama ketika otoritas setempat melaporkan terdeteksinya lima kasus baru Corona.

Dengan Olimpiade Musim Dingin dimulai pekan depan, otoritas China berjuang memberantas gejolak pandemi di kota-kota besar termasuk Beijing.

Kota-kota seperti Xi'an dan Anyang menghadapi lockdown ketat dalam beberapa pekan terakhir, dengan warga terjebak di rumah masing-masing dan harus menjalani tes Corona beberapa kali sebelum wabah berhasil ditekan.