Korut Umumkan Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Jarak Jauh

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 10:30 WIB
Korea Utara mengklaim sukses menguji coba tipe terbaru rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Seperti apa penampakannya? Ini fotonya.
Ilustrasi -- Peluncuran rudal Korut diberitakan oleh media Korsel (dok. AP Photo)

Disebutkan oleh Yang bahwa Korut kemungkinan akan meningkatkan intensitas uji coba dan mungkin meluncurkan sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) atau senjata kuat lainnya saat memperingatkan 80 tahun kelahiran mendiang ayah dan 110 tahun kelahiran mendiang kakek Kim Jong-Un pada Februari dan April mendatang.

Laporan KCNA menyebut dua rudal jelajah jarak jauh mengudara sejauh 1.800 kilometer selama 9,137 detik dan mengenai pulau yang menjadi target di perairan sebelum timur Korut dalam uji coba pada Selasa (25/1) waktu setempat. Hal itu, sebut KCNA, menunjukkan kemampuan tempur praktis.

KCNA juga mengklaim bahwa dua rudal taktis yang diuji coba pada Kamis (27/1) waktu setempat, berhasil tepat mengenai sasaran dan membuktikan kekuatan eksplosif pada hulu ledaknya. Ditegaskan KCNA bahwa Korut 'akan tetap mengembangkan hulu ledak kuat yang mampu melakukan fungsi dan misi tempur'.

Foto-foto yang dirilis KCNA juga menunjukkan sebuah rudal jarak jauh yang diluncurkan dari sebuah transporter-erector-launcher, yang menyemburkan kobaran api, lalu memicu ledakan di sebuah pulau. Dalam foto lainnya, sebuah rudal jarak dekat terlihat mengudara ke angkasa di tengah kepulan debu dan menghantam sebuah pulau.

Sepanjang bulan ini, Korut mengklaim telah menguji coba rudal taktis, dua rudal hipersonik yang meluncur dengan kecepatan dan mampu bermanuver, serta sebuah sistem rudal yang diluncurkan dari kereta api.


(nvc/ita)