Sempat Dibawa ke RS Jantung, Kondisi Mahathir Mohamad Mulai Stabil

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 12:00 WIB
Torehkan sejarah, Mahathir Mohamad: Sesuatu yang mustahil bisa terjadi
Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad (Foto: BBC World)
Kuala Lumpur -

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dilarikan ke rumah sakit spesialis jantung di National Heart Institute (IJN), Kuala Lumpur. Kini kondisinya berangsur stabil meski belum bisa dipulangkan.

Seperti dilansir Channel News Asia, Minggu (23/1/2022), kabar soal kondisi Mahathir dikonfirmasi oleh putrinya, Marina Mahathir dalam sebuah pernyataan, Sabtu (22/1) lalu.

Marina mengatakan ayahnya yang berusia 96 tahun telah dirawat kembali di rumah sakit. Mahathir telah menjalani dua hari perawatan setelah prosedur medis elektif pada awal Januari lalu.

"Siti Hasmah Mohd Ali (istrinya) dan keluarga mohon doa dari masyarakat agar beliau cepat sembuh dan sembuh total," kata Marina.

Kabar dirawatnya kembali Matahir membuat awak media sempat mendatangi rumah sakit IJN, setelah dua pekan sebelumnya Mahathir juga menjalani prosedur medis di fasilitas yang sama.

Pada Sabtu (22/1) malam waktu setempat, Perdana Menteri Ismail Sabri tampak berkunjung ke IJN. Ismail Sabri bertemu dengan istri Mahathir, Siti Hasmah.

"Saya meminta kepada semua masyarakat Malaysia untuk berdoa kepada Allah agar Tun Dr Mahathir segera pulih dan kembali sehat," katanya dalam sebuah posting Facebook.

Dalam bulan ini, sudah dua kali Mahathir menjalani perawatan di rumah sakit. Pada 7 Januari lalu, dirinya juga dirawat di IJN, beberapa minggu setelah dia dipulangkan setelah pemeriksaan.
Pihak IJN mengatakan Mahathir telah dirawat untuk "prosedur medis elektif" tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Pada 13 Januari, IJN mengkonfirmasi bahwa Mahathir telah dipulangkan dan akan melanjutkan penyembuhan dan pemulihannya di rumah.