Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Akan Pulang dari RS Usai Sempat Dirawat

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 14:27 WIB
Malaysias interim Prime Minister Mahathir Mohamad smiles during a press conference after unveiling an economic stimulus plan aimed at combating the impact of the COVID-19 novel coronavirus at the Prime Ministers Office in Putrajaya on February 27, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Mahathir Mohamad (dok. Mohd RASFAN/AFP)
Kuala Lumpur -

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, diperbolehkan pulang dari rumah sakit (RS) dalam beberapa hari ke depan. Mahathir dirawat sejak pekan lalu usai menjalani check-up di sebuah rumah sakit khusus jantung di Kuala Lumpur.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/12/2021), Mahathir yang berusia 96 tahun ini dirawat di Institut Jantung Nasional di Kuala Lumpur sejak Kamis (16/12) pekan lalu.

Namun, baik staf maupun pihak rumah sakit menolak untuk menjelaskan secara detail kondisi mantan PM Malaysia itu.

Pihak Institut Jantung Nasional dalam pernyataannya menyebut para dokter 'puas dengan hasil' pemeriksaan atau check-up, dan menyatakan Mahathir akan diperbolehkan pulang dalam beberapa hari ke depan.

Mahathir diketahui memiliki masalah kesehatan di masa lalu, dengan mengalami beberapa kali serangan jantung dan menjalani operasi bypass.

Dia menjadi salah satu tokoh politik paling dominan di Malaysia dalam beberapa dekade terakhir, dengan dua kali menjabat PM Malaysia selama total 24 tahun.

Periode pertamanya menjadi PM adalah tahun 1981 hingga 2003. Beberapa tahun kemudian dia kembali ke politik dan menjabat lagi sebagai PM tahun 2018 dalam usia 92 tahun saat dia memimpin koalisi reformis.

Namun pemerintahannya tidak bertahan lama dan kolaps tahun 2020 akibat pertikaian internal partai.

Simak juga 'Diguyur Hujan Lebat 2 Hari, Malaysia Dilanda Banjir':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/idh)