Bom Meledak di Minibus Afghanistan, 7 Orang Tewas-9 Terluka

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 02:25 WIB
Ilustrasi Fokus Bom Bunuh Diri di Medan (Luthfy Syahban/detikcom)
Foto: Ilustrasi Bom (Luthfy Syahban/detikcom)
Kabul -

Bom meledak di dalam sebuah minibus di Kota Herat, Afghanistan barat. Kejadian itu menewaskan 7 orang dan 9 orang lainnya luka-luka.

"Empat wanita termasuk di antara tujuh yang tewas," kata kepala rumah sakit provinsi Herat, Arif Jalali seperti dilansir dari AFP, Minggu (23/1/2022).

Peristiwa bom di minibus itu terjadi pada Sabtu (22/1). Bom tersebut menempel di tangki bahan bakar bus. Ledakan itu dikonfirmasi oleh kantor intelijen Herat.

"Laporan awal menunjukkan itu adalah bom lengket yang menempel pada tangki bahan bakar kendaraan penumpang," ucap juru bicara kantor Intelijen Herat, Sabit Harwi.

Polisi provinsi Herat dan departemen kebudayaan juga mengkonfirmasi ledakan bom tersebut. Sejauh ini belum ada kelompok yang mengklaim serangan tersebut.

Keamanan di Afghanistan telah meningkat pesat sejak pemberontakan panjang dua dekade oleh Taliban yang berakhir dengan perebutan kelompok garis keras Islam di Ibu Kota Kabul pada Agustus tahun lalu.

Namun, beberapa serangan dilaporkan setiap minggu di seluruh negeri. Termasuk beberapa yang diklaim oleh cabang regional ISIS.

ISIS secara teratur menargetkan komunitas Syiah Hazara di negara itu dengan serangan mematikan, dan daerah di mana ledakan hari Sabtu terjadi di dekat stasiun bus juga dihuni oleh komunitas tersebut.

Herat adalah kota terbesar ketiga di negara itu, dekat dengan perbatasan dengan Iran, tetapi tetap relatif damai dalam beberapa bulan terakhir.

(fas/fas)