Taliban Tangkap Petempur yang Tembak Mati Wanita Afghanistan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 18:35 WIB
Taliban akan kembali berlakukan hukuman potong tangan untuk pencuri. Meski dikritik publik, Taliban pastikan hukuman itu akan diterapkan lagi di Afghanistan.
Ilustrasi -- Petempur Taliban di Afghanistan (dok. AP Photo)
Kabul -

Seorang petempur Taliban ditangkap karena menembak mati seorang wanita di pos pemeriksaan di Kabul, Afghanistan. Wanita itu ditembak saat baru pulang dari menghadiri acara pernikahan.

Seperti dilansir AFP, Rabu (19/1/2022), pembunuhan wanita bernama Zainab Abdullahi (25) itu memicu kengerian bagi wanita Afghanistan lainnya, yang semakin dibatasi aktivitasnya sejak Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus tahun lalu.

Penembakan terhadap Zainab Abdullahi terjadi di wilayah Kabul yang sebagian besar dihuni anggota kelompok minoritas Syiah Hazara, yang dipersekusi oleh kelompok garis keras Sunni selama bertahun-tahun. Kelompok militan seperti Islamic State (ISIS) kerap menargetkan mereka dalam serangannya.

Dalam pernyataan via Twitter pada Rabu (19/1) waktu setempat, juru bicara Taliban, Mohammad Naeem, mengumumkan penangkapan salah satu petempurnya yang menembak mati Zainab Abdullahi. Dia menyatakan bahwa petempur yang tidak disebut identitasnya itu akan dihukum.

Lebih lanjut, Naeem menyebut Zainab Abdullahi telah 'dibunuh secara keliru'.

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, secara terpisah, menyebut keluarga Zainab Abdullahi telah ditawari ganti rugi sebesar 600 ribu Afghani atau setara Rp 81,7 juta untuk penembakan fatal pada 13 Januari di wilayah Dasht-e-Barchi, Kabul tersebut.