70 Orang Tewas dalam Pertempuran Pasukan Kurdi-ISIS di Suriah

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 16:04 WIB
Ilustrasi militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS)
militan ISIS (Foto: AFP)
Jakarta -

Pertempuran terus berkecamuk antara kelompok ISIS dan pasukan Kurdi di Suriah. Baku tembak pada Sabtu (22/1) ini memasuki hari ketiga setelah ISIS menyerang sebuah penjara yang menahan sesama anggota mereka. Kekerasan tersebut sejauh ini telah merenggut lebih dari 70 nyawa.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (22/1/2022), serangan terhadap penjara Ghwayran di kota Hasakeh adalah salah satu serangan terbesar yang dilakukan ISIS sejak "kekhalifahan" mereka dinyatakan kalah di Suriah hampir tiga tahun lalu.

"Setidaknya 28 anggota pasukan keamanan Kurdi, lima warga sipil dan 45 anggota ISIS tewas dalam kekerasan itu," kata Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, kelompok pemantau perang Suriah yang berbasis di Inggris. Kelompok ini bergantung pada jaringan sumber-sumber di dalam wilayah Suriah untuk informasinya.

ISIS melancarkan serangan pada Kamis (20/1) malam waktu setempat terhadap penjara yang menampung sekitar 3.500 tersangka anggota kelompok ISIS itu, termasuk beberapa pemimpinnya.

Observatorium menyatakan, sekitar 10 tahanan ISIS diyakini telah melarikan diri dari penjara Ghwayran di kota Hasakeh tersebut sejak serangan terjadi.

"Situasi luar biasa berlanjut di dalam dan di sekitar penjara," kata Farhad Shami, juru bicara Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didominasi Kurdi.

Pertempuran pada Sabtu pagi terjadi di utara penjara, tambahnya.

Simak juga Video: Serangan Udara Israel Buat Pelabuhan Latakia Suriah Porak-poranda

[Gambas:Video 20detik]