Wartawan Liberia Demo Usai Reporter Wanita Dipukul Orang Suruhan Pejabat

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 04:20 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Monrovia -

Puluhan wartawan di Liberia berkumpul di luar gedung pengadilan dekat Ibu Kota Monrovia. Mereka melakukan aksi untuk mendukung seorang rekan wanita yang diduga diserang atas perintah seorang pejabat.

Dilansir AFP, Sabtu (22/1/2022) wartawan investigasi Bettie Mbayo mengatakan kepada AFP bahwa Marvin Cole, seorang wakil terpilih di negara Afrika Barat itu, telah memerintahkan 'penjahatnya' untuk menyerang dia dan suaminya setelah mereka memarkir mobil di dekat rumahnya pada 15 Januari.

Cole tiba di rumah dan berteriak pada suami Bettie Mbayo. Mbayo mengatakan bahwa Cole menyuruh suaminya untuk memindahkan mobil.

"Dia turun dari mobilnya dan memerintahkan premannya untuk memukuli kami," tambah Mbayo, yang bekerja untuk harian terkemuka Front Page Afrika.

Pasangan itu menderita luka-luka dalam serangan itu. Keduanya masih dalam perawatan.

Cole tidak menanggapi pertanyaan dari AFP. Akan tetapi, dia telah mengajukan tuntutan terhadap Mbayo, termasuk untuk perilaku tidak tertib.

Wartawan di Liberia secara rutin mengeluhkan pelecehan dan intimidasi.

Pada tahun 2020, terjadi protes di ibu kota usai seorang jurnalis olahraga meninggal setelah diduga dianiaya oleh pengawal Presiden George Weah.

Pada hari Jumat waktu setempat, para jurnalis berkumpul dalam solidaritas di luar gedung pengadilan dekat Monrovia. Hal itu terjadi saat pertemuan mengenai gugatan terhadap Mbayo sedang berlangsung.

Serikat Pers Liberia menyatakan bahwa tindakan Cole adalah "penyalahgunaan kekuasaan dan ancaman terhadap kebebasan pers".

Lihat juga Video: Ngeri! Geng Jalanan Serang Acara Gereja di Liberia, 29 Orang Tewas

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)