Polisi Israel Hancurkan Rumah Warga Palestina di Yerusalem

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 14:08 WIB
Yerusalem Timur -

Kepolisian Israel menghancurkan rumah keluarga Palestina di area Sheikh Jarrah yang rawan konflik di Yerusalem Timur. Penghancuran rumah warga Palestina itu menjadi bagian dari perintah penggusuran yang dijatuhkan otoritas Israel.

Seperti dilansir AFP, Rabu (19/1/2022), laporan fotografer AFP menyebut para personel Kepolisian Israel mendatangi rumah keluarga Salhiya pada Rabu (19/1) pagi waktu setempat. Beberapa saat setelah itu, fotografer AFP menyaksikan langsung penghancuran rumah tersebut.

Rumah keluarga Salhiya diketahui terancam penggusuran sejak tahun 2017 dan menjadi pusat kampanye anti-penggusuran oleh warga Palestina.

"Polisi Israel menyelesaikan eksekusi perintah penggusuran terhadap bangunan ilegal di atas lahan yang diperuntukkan bagi sekolah anak-anak berkebutuhan khusus dari Yerusalem Timur," sebut Kepolisian Israel dalam pernyataannya.

Ditekankan Kepolisian Israel bahwa 'anggota keluarga yang tinggal di bangunan ilegal telah diberi kesempatan berkali-kali untuk menyerahkan lahan secara sukarela'.

Juru bicara Kepolisian Israel menuturkan kepada AFP bahwa 18 anggota keluarga Salhiya dan pendukungnya ditangkap atas tuduhan 'melanggar perintah pengadilan, melakukan pembentengan dengan kekerasan dan mengganggu ketertiban umum'.

Ditegaskan bahwa tidak ada bentrokan yang terjadi saat operasi penghancuran rumah dilakukan polisi Israel.