ADVERTISEMENT

Kebakaran Apartemen New York Tewaskan 19 Orang, Korban Ada di Tiap Lantai

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 09:46 WIB
A ladder leads up to a window after a fatal fire at an apartment building in the Bronx on Sunday, Jan. 9, 2022, in New York. The majority of victims were suffering from severe smoke inhalation, FDNY Commissioner Daniel Nigro said. (AP Photo/Yuki Iwamura)
Situasi pemadaman kebakaran di apartemen New York City, AS (AP Photo/Yuki Iwamura)

Para korban luka dilarikan ke sedikitnya lima rumah sakit setempat, dengan sebagian besar mengalami serangan jantung dan gangguan pernapasan serta terlalu parah menghirup asap kebakaran.

"Para petugas telah menetapkan melalui bukti fisik dan melalui laporan langsung oleh para penghuni bahwa api ini berawal di dalam kamar tidur dengan pemanas elektrik portable," ucap Komisioner Departemen Pemadam Kebakaran New York City, Daniel Nigro, kepada wartawan setempat.

Dituturkan Nigro bahwa pintu apartemen dibiarkan terbuka, yang membuat api dan asap kebakaran menyebar ke bagian gedung lainnya.

"Jika Anda menutup pintu, asap dan api akan menyebar di dalam apartemen itu, alih-alih menyebar ke tangga," sebutnya, sembari menambahkan bahwa gedung apartemen seperti ini tidak memiliki tangga darurat.

Nigro menuturkan bahwa api dengan cepat melahap sebagian besar struktur gedung dan asap kebakaran begitu pekat. Dia menambahkan bahwa api dan asap yang 'sangat berat' menyebar ke seluruh bagian dalam gedung.

"Para petugas menemukan korban di setiap lantai, di tangga," ungkap Nigro. "Terakhir kali kita mendapati kehilangan nyawa yang mungkin semengerikan ini adalah saat kebakaran 30 tahun lalu, juga di sini di Bronx," tandasnya.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT