ADVERTISEMENT

Kebakaran Apartemen New York Tewaskan 19 Orang, Korban Ada di Tiap Lantai

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 09:46 WIB
A ladder leads up to a window after a fatal fire at an apartment building in the Bronx on Sunday, Jan. 9, 2022, in New York. The majority of victims were suffering from severe smoke inhalation, FDNY Commissioner Daniel Nigro said. (AP Photo/Yuki Iwamura)
Situasi pemadaman kebakaran di apartemen New York City, AS (AP Photo/Yuki Iwamura)
New York -

Tragis! Sedikitnya sembilan anak termasuk dalam 19 korban tewas dalam kebakaran yang menghanguskan sebuah apartemen di New York City, Amerika Serikat (AS). Pejabat Departemen Pemadam Kebakaran setempat menuturkan korban ditemukan di setiap lantai dari gedung ini.

Seperti dilansir AFP, Senin (10/1/2022), kebakaran dahsyat pada Minggu (9/1) waktu setempat ini diduga dipicu oleh pemanas elektrik portable yang digunakan di dalam salah satu apartemen. Sejumlah saksi mata melaporkan banyak penghuni apartemen yang terjebak dan berteriak meminta bantuan dari jendela apartemen.

"Ada banyak anak-anak menangis, 'Tolong! Tolong! Tolong!'" tutur Dilenny Rodriguez (38) yang berhasil selamat bersama anak-anaknya.

Wali Kota New York, Eric Adams, menuturkan kepada wartawan bahwa sedikitnya 19 orang tewas, termasuk 9 anak-anak. Sebanyak 63 orang lainnya mengalami luka-luka akibat kebakaran itu, termasuk beberapa orang yang kini dalam 'kondisi kritis'.

"Ini akan menjadi salah satu kebakaran terburuk dalam sejarah kita," sebut Adams.

"Bergabunglah dengan saya dalam mendoakan para korban yang meninggal, khususnya sembilan nyawa muda yang tidak bersalah," imbuhnya.

Sedikitnya 200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang melalap gedung apartemen 19 lantai itu. Api dilaporkan pertama muncul sebelum pukul 11.00 waktu setempat, di lantai dua dan tiga gedung yang terletak di kawasan Bronx, New York City itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT