Presiden Brasil Jair Bolsonaro Mendadak Masuk Rumah Sakit!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 18:30 WIB
Brazils President Jair Bolsonaro attends a ceremony on the National Day of People with Disabilities, at the Planalto presidential palace, in Brasilia, Brazil, Monday, Sept. 27, 2021. (AP Photo/Eraldo Peres)
Jair Bolsonaro (dok. AP Photo/Eraldo Peres)
Brasilia -

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mendadak masuk rumah sakit pada Senin (3/1) pagi waktu setempat. Bolsonaro dilaporkan dibawa ke rumah sakit setelah mengeluhkan sakit pada bagian perut.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Senin (3/1/2022), Bolsonaro yang berusia 66 tahun ini dilarikan ke rumah sakit Vila Nova Star di Sao Paulo pada Senin (3/1) pagi waktu setempat.

Laporan media lokal terkemuka, TV Globo dan media lokal Brasil lainnya menyebut Bolsonaro tengah menjalani perawatan medis untuk dugaan obstruksi usus.

Tayangan TV Globo menunjukkan momen saat Bolsonaro berjalan menuruni tangga pesawat kepresidenan setelah mendarat di Sao Paulo pada Senin (3/1) dini hari, sekitar pukul 01.30 waktu setempat.

Dokter yang merawat Bolsonaro, Antonio Luiz Macedo, menuturkan kepada media lokal UOL bahwa Bolsonaro akan menjalani sejumlah tes untuk memeriksa perutnya dan untuk menentukan apakah dirinya perlu dioperasi atau tidak.

Belum ada pernyataan resmi soal kondisi terkini Bolsonaro baik dari kantor kepresidenan Brasil maupun dari pihak rumah sakit.

Bolsonaro diketahui sudah beberapa kali dirawat di rumah sakit sejak dirinya ditikam di bagian perut saat menghadiri kampanye pilpres tahun 2018 lalu. Akibat luka tusukan itu, Bolsonaro harus menjalani setidaknya empat kali operasi. Pelaku yang menikam Bolsonaro dinyatakan tidak layak secara psikologis untuk diadili.

Sejak menjabat Presiden Brasil tahun 2019, Bolsonaro pernah dirawat di rumah sakit yang sama, Vila Nova Star, selama empat hari pada Juli 2021. Saat itu Bolsonaro dilaporkan menderita penyumbatan usus usai mengalami cegukan kronis.

(nvc/idh)