Harimau Malaya Ditembak Mati Usai Gigit Petugas Kebun Binatang di Florida

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 01:10 WIB
Seekor harimau benggala bernama Rastaji bikin geger karena melompat ke atap kandang hingga nyaris lepas di Serulingmas Zoo, Banjarnegara. Kini harimau tersebut dikurung.
Ilustrasi harimau Foto: Uje Hartono
Jakarta -

Harimau Malaya bernama Eko menggigit salah seorang pekerja kebun binatang di Florida, Amerika Serikat (AS). Karena itu, harimau Malaya tersebut ditembak mati.

Dilansir dari AFP, Minggu (2/1/2021), penegak hukum dan media di Florida menyampaikan, petugas kebersihan memasukkan tangannya ke dalam pagar kandang harimau. Setelah itu, harimau menggigit tangan petugas tersebut, lalu ditembak mati.


Petugas kebersihan di Kebun Binatang Naples "mengelus atau memberi makan" harimau Malaya jantan berusia delapan tahun, "keduanya merupakan kegiatan yang tidak sah dan berbahaya," kata kantor sheriff Collier County dalam sebuah pernyataan di Facebook Rabu malam (29/12/2021).

"Laporan awal menunjukkan bahwa harimau itu meraih lengan pria itu dan menariknya ke dalam kandang setelah pria itu melintasi penghalang pagar awal dan memasukkan lengannya melalui pagar kandang harimau," lanjut pernyataan itu.

Deputi pertama yang tiba di lokasi mencoba melepaskan lengan pria itu dari mulut harimau. Namun, deputi tersebut terpaksa menembak hewan itu.

Pernyataan sheriff mengatakan bahwa setelah penembakan, harimau itu mundur ke belakang kandang dan tidak bergerak.

Situs kebun binatang tersebut, pada Kamis (30/12), menyampaikan bahwa tempatnya ditutup. Penutupan dilakukan demi memudahkan penyelidikan.

"Dan untuk memungkinkan staf kami memproses apa yang telah terjadi dan untuk memulai proses penyembuhan yang menyakitkan," tulis pernyataan kebun binatang di situs webnya.

Diketahui, Harimau Malaya merupakan binatang dengan kategori terancam punah dan masuk daftar merah dari International Union for Conservation of Nature sebagai spesies yang hampir punah.

Tonton juga Video: Harimau Siberia Muncul Tak Diduga di Jalan Raya

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)