Seperti Harimau Ragunan, Ini Deretan Kisah Hewan di Dunia Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 09:07 WIB
Harimau di Taman Margasatwa Ragunan positif Corona (Dok. FB Anies Baswedan)
Harimau di Taman Margasatwa Ragunan positif Corona (Dok. FB Anies Baswedan)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dua harimau di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) terpapar virus Corona (COVID-19). Kasus hewan terinfeksi Corona bukanlah yang pertama. Sebelumnya, beberapa hewan di dunia juga terinfeksi Corona.

Terkait dua harimau itu, Anies menyebut keduanya bernama Hari dan Tino. Mereka harus menjalani isolasi.

"Dua warga DKI, Hari dan Tino terpapar COVID. Tidak ada pilihan. Mereka harus isolasi. Diputuskan untuk isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Pasokan makanan dan obat dicukupi selama isolasi dan proses penyembuhan," kata Anies seperti dikutip akun Instagram-nya, @aniesbaswedan, Minggu (1/8/2021).

"Di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mereka tinggal. Ya, Hari dan Tino adalah Harimau Sumatera. Mereka didiagnosis positif COVID-19 15 Juli lalu," lanjutnya.

Tak hanya Hari dan Tino, beberapa hewan di dunia juga pernah terinfeksi Corona. Dirangkum detikcom, Minggu (1/8/2021), berikut ini daftar hewan yang pernah terinfeksi Corona.

1. Kucing di Inggris

Seekor kucing peliharaan di Inggris dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Kucing peliharaan ini diyakini sebagai hewan pertama yang terinfeksi Corona di wilayah Inggris.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (28/7/2020), otoritas Inggris meyakini kucing peliharaan ini tertular virus Corona dari pemiliknya.

2. Anjing di Hong Kong

Seekor anjing di Hong Kong juga pernah terinfeksi Corona dan meninggal pada Maret 2020. Sebelumnya, anjing di Hong Kong ini sempat dinyatakan sembuh.

Dikutip dari South China Morning Post, anjing berjenis Pomeranian itu telah dinyatakan pulih pada Sabtu (14/3/2020) dan diizinkan untuk dibawa ke rumah kembali oleh otoritas kesehatan Hong Kong. Namun, pada akhirnya anjing itu meninggal.

3. Gorila di AS

Beberapa gorila di Taman Safari dan Kebun Binatang San Diego, California, Amerika Serikat, telah menjalani tes COVID-19 dengan menunjukkan hasil positif COVID-19 pada Januari 2021.

Dokter hewan sedang mengawasi mereka dan akan tetap menempatkannya di habitat asli. Kasus di kalangan gorila ini menjadi salah satu kasus virus Corona pertama pada spesies kera besar.

Simak juga 'Ada Macan Tutul Salju Terpapar COVID-19, Alami Gejala Batuk-Pilek':

[Gambas:Video 20detik]