ADVERTISEMENT

Gegara 1 Kasus Corona, Kota di China Larang Semua Warga Keluar Rumah

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 12:04 WIB
Orang-orang yang memakai masker untuk melindungi diri dari COVID-19 mengantre untuk masuk ke toko di pusat perbelanjaan luar ruangan di Beijing, Sabtu, 13 November 2021.
Ilustrasi (dok. AP/Mark Schiefelbein)
Beijing -

Satu kasus baru virus Corona (COVID-19) terdeteksi di kota Dongxing, China, yang terletak di dekat perbatasan dengan Vietnam. Namun dampaknya dirasakan seluruh warga kota Dongxing, yang diperintahkan tetap berada di rumah, transportasi umum dihentikan operasionalnya dan beberapa sekolah ditutup sementara.

Tidak hanya itu, izin masuk untuk para pelancong maupun muatan kargo di pelabuhan setempat juga ditangguhkan sementara. Demikian seperti dilansir Reuters, Rabu (22/12/2021).

Otoritas China tengah meningkatkan kewaspadaan di sepanjang perbatasan dan di pelabuhan-pelabuhan demi mencegah masuknya Corona dari sumber-sumber penularan di luar negeri.

Situasi ini dipicu oleh kemunculan wabah baru Corona di beberapa kota perbatasan, yang memiliki sumber daya kesehatan lebih sedikit dibanding kota-kota besar, dalam tiga bulan terakhir.

Kota Dongxing yang terletak di wilayah otonomi Guangxi, dekat perbatasan Vietnam, mendeteksi satu kasus baru Corona dalam tes rutin di wilayahnya.

Satu kasus baru yang dilaporkan mengalami gejala-gejala Corona ini terdeteksi sebagai kasus penularan domestik, yang berarti penularannya terjadi di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, seperti dilaporkan televisi nasional CCTV, otoritas kota berpenduduk lebih dari 200.000 orang ini pun memerintahkan semua warganya untuk tetap berada di rumah mulai Rabu (22/12) waktu setempat. Warga kota Dongxing juga diminta menghindari aktivitas yang tidak diperlukan di luar rumah.

Simak video 'Satgas Beberkan Bukti Vaksinasi Saja Tak Bisa Lawan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT