Kondisi Miris Puluhan Orang Usai Gedung di Osaka Jepang Dilalap Api

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 23:15 WIB
Rescuers gather in front of a building where a fire broke out in Osaka, western Japan Friday, Dec. 17, 2021.  Japans NHK says a fire broke out in the building and dozens of people were feared dead. (Yukie Nishizawa/Kyodo News via AP)
Kebakaran di Osaka Jepang (Kyodo News via AP)
Jakarta -

Sebuah gedung di Osaka Jepang, dilalap si jago merah. Pada insiden kebakaran itu dikhawatirkan 27 orang tewas.

Dilansir AFP dan Associated Press, Jumat (17/12/2021), api dilaporkan bersumber dari lantai empat atau lima sebuah gedung delapan lantai yang berada di area perbelanjaan dan hiburan Kitashinci, dekat stasiun Osaka, pada Jumat (17/12) waktu setempat. Bagian gedung yang terbakar adalah klinik psikiatri.

Seperti dilansir Japan Times, Departemen Pemadam Kebakaran Osaka, menerima laporan soal kebakaran itu sekitar pukul 10.20 waktu setempat. Sementara api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.45 waktu setempat.

Dalam tayangan NHK menampilkan puluhan kendaraan pemadam dan mobil polisi memenuhi jalanan dekat gedung yang terbakar. Total, ada 70 kendaraan pemadam yang dikerahkan ke lokasi.

27 Dikhawatirkan Tewas

Pejabat departemen pemadam kebakaran Osaka, Akira Kishimoto mengatakan bahwa 28 orang terdampak kebakaran ini. Sebanyak 27 orang di antaranya ditemukan petugas penyelamat dalam kondisi gagal jantung dan paru-paru.

Otoritas setempat menetapkan 27 orang itu dalam kondisi 'cardio-respiratory arrest'. Cardio-respiratory arrest adalah istilah yang biasa dipakai otoritas Jepang untuk mengindikasikan bahwa korban sudah meninggal, namun kematiannya belum disertifikasi secara resmi.

Sebanyak 23 korban di antaranya telah dibawa ke rumah sakit. Belum diketahui penyebab kebakaran ini secara pasti. Sementara itu, informasi detail lainnya soal insiden kebakaran ini juga belum diketahui.

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.