Heboh 2 Ekor Singa Kabur dari Kontainer di Bandara Changi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Des 2021 14:42 WIB
This picture taken on March 10, 2018, shows an Asiatic lion Amber walking in his open enclosure at Kamla Nehru Zoological Garden in Ahmedabad. - Lions are listed as critically endangered since 2000 with its population under threat due to hunting and human encroachment on its habitat. (Photo by SAM PANTHAKY / AFP)
Ilustrasi (dok. SAM PANTHAKY/AFP)
Singapura -

Dua ekor singa yang hendak dibawa ke fasilitas luar negeri sempat memicu kehebohan di Bandara Changi, Singapura, setelah berhasil keluar dari kontainer yang menjadi tempat keduanya diangkut. Salah satu singa bahkan dilaporkan sempat berbaring di atas kandang.

Seperti dilansir The Straits Times, Senin (13/12/2021), insiden yang terjadi pada Minggu (12/12) waktu setempat ini berakhir dengan ditembaknya dua ekor singa itu dengan senjata penenang atau bius. Kedua ekor singa itu tengah dalam pemulihan dari obat penenang, di bawah perawatan Mandai Wildlife Group.

Maskapai Singapore Airlines (SIA), yang menangani pengangkutan singa-singa itu, telah meminta bantuan dokter hewan dari kelompok tersebut dan tim penanganan karnivora untuk membantu mengatasi situasi ini.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana singa-singa itu bisa keluar dari kontainer. Tidak jelas juga dari negara mana kedua ekor singa itu tiba dan ke mana kedua singa itu akan dibawa. Namun dipahami bahwa ada tujuh ekor singa yang diangkut dengan kontainer.

Pihak SIA menyatakan bahwa singa-singa itu berada di dalam jaring pengaman yang dipasang di sekitar kontainer sepanjang waktu. Ditegaskan SIA bahwa tidak ada gangguan terhadap operasional penerbangan.

"Sementara insiden itu sedang diselidiki, prioritas utamanya adalah kesehatan singa-singa itu. SIA bekerja sama dengan Mandai Wildlife Group, yang mengoperasikan satu-satunya fasilitas satwa liar yang dilengkapi untuk merawat karnivora berukuran besar, soal ini," demikian pernyataan SIA.

Secara terpisah, juru bicara Mandai Wildlife Group menyatakan dua singa yang keluar dari kontainer itu perlu dibius agar bisa diangkut ke fasilitas karantina binatang di Mandai, Singapura bagian utara.

"Singa-singa itu sedang dipantau. Mereka akan tetap dalam perawatan kami untuk sementara waktu dan kami akan tetap melakukan komunikasi erat dengan SIA soal masalah ini," sebut juru bicara tersebut.

Lihat juga Video: Tandatangani Kerja Sama, Bandara Komodo Dikelola Changi

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/ita)