Ledakan Gas Runtuhkan Apartemen di Italia, 4 Orang Tewas dan 5 Hilang

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 17:47 WIB
A blurred police car in the background behind yellow crime scene tape.
Ledakan Gas Runtuhkan Apartemen di Italia, 4 Orang Tewas dan 5 Hilang -- ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/)
Jakarta -

Ledakan gas alam menyebabkan gedung apartemen empat lantai di kota Ravanusa, Sisilia, Italia runtuh. Akibatnya empat orang tewas dan lima lainnya saat ini hilang.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Minggu (12/12/2021), runtuhnya gedung apartemen terjadi pada Sabtu (11/12) malam waktu setempat. Dua wanita ditemukan hidup-hidup dari puing-puing reruntuhan sesaat usai kejadian.

Seorang imam yang merayakan misa di dekat lokasi mengatakan rumah-rumah terbakar setelah pipa gas alam meledak.

Hingga kini tim penyelamat serta anjing pelacak masih menggali puing-puing untuk mencari lima orang hilang, termasuk seorang pemuda. Tim penyelamat memperkirakan total 11 orang telah terkena ledakan itu.

Unit layanan perlindungan sipil lokal Italia mengkonfirmasi di akun Twitter-nya bahwa jumlah korban tewas saat ini mencapai empat orang.

Sejumlah potret yang ditayangkan di televisi menunjukkan tumpukan puing-puing dan balok kayu di lokasi bangunan. Sementara bangunan-bangunan di sekitarnya hangus dan rusak.

"Ledakan itu kemungkinan disebabkan oleh kebocoran gas," kata pihak berwenang, yang telah membuka penyelidikan.

"Gas mungkin menemukan rongga untuk menumpuk," kata kepala petugas pemadam kebakaran di provinsi Agrigento, Giuseppe Merendino, kepada saluran TV Rainews24.

"Kantong gas ini kemudian akan menemukan pemicu yang tidak disengaja, seperti mobil, lift, alat listrik." lanjutnya.

Walikota Ravanusa, Carmello D'Angelo mengatakan ada sekitar 50 orang yang telah mengungsi akibat insiden tersebut. Hal ini lantaran gedung apartemen yang berdekatan juga rusak akibat ledakan.

(izt/knv)