Ledakan Guncang Kamp Pengungsi Palestina di Lebanon

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 10:12 WIB
Jakarta -

Ledakan mengguncang depot penyimpanan di sebuah kamp pengungsi Palestina di Lebanon selatan. Sejumlah orang terluka dalam insiden itu.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (11/12/2021), sumber militer Lebanon mengatakan bahwa ledakan itu terjadi di dekat sebuah masjid di kamp Burj al-Shemali di luar Tyre, pada Jumat (10/12) waktu setempat. Dia menambahkan bahwa dia tidak memiliki angka pasti korban.

Sumber militer Lebanon tersebut itu mengatakan ledakan itu terjadi di tempat penyimpanan amunisi milik kelompok Hamas yang berada di samping toko makanan dan toko-toko lainnya.

Namun, seorang pejabat Palestina membantah adanya senjata atau amunisi di tempat tersebut, dengan mengatakan bahwa botol-botol oksigen telah meledak.

Penduduk kamp pengungsi Palestina mengatakan petugas pemadam kebakaran masih berjuang untuk memadamkan kobaran api yang besar.

Seorang warga, yang hanya menyebut namanya sebagai Maha, mengatakan dia mendengar ledakan pertama diikuti oleh rentetan ledakan sekunder.

Seorang fotografer AFP melaporkan beberapa ambulans memasuki kamp dan pasukan Lebanon dikerahkan di sekelilingnya.

Lebanon menampung puluhan ribu pengungsi Palestina, yang sebagian besar tinggal di 12 kamp di negara itu. Secara tidak resmi, para pengungsi Palestina itu disebut berjumlah setengah juta jiwa.

Berdasarkan kesepakatan sejak lama, tentara Lebanon tidak memasuki kamp-kamp pengungsi Palestina tersebut, menyerahkan soal keamanan di dalam kamp pada faksi-faksi Palestina.

(ita/ita)