Gedung Ambruk di Prancis, Ibu-Bayi Berhasil Diselamatkan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 18:18 WIB
French firefighters search through the rubble of a collapsed building in Sanary-sur-Mer. Time is running out to find survivors. (Photo by NICOLAS TUCAT / AFP)
Petugas penyelamat mencari korban di antara puing-puing gedung yang ambruk di Prancis (NICOLAS TUCAT/AFP)
Paris -

Para petugas penyelamat Prancis berhasil mengevakuasi seorang ibu dan bayinya dari reruntuhan gedung permukiman yang ambruk. Dua orang lainnya dilaporkan masih hilang dalam insiden itu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (7/12/2021), gedung permukiman yang berada di kota pantai Sanary-sur-Mer itu diduga ambruk akibat ledakan gas. Suara ledakan itu dilaporkan terdengar hingga ke lokasi berjarak delapan kilometer jauhnya.

"Tim urusan darurat yang ada di lokasi mendeteksi bau gas yang sangat kuat," demikian pernyataan otoritas setempat.

Seorang wanita dan bayinya ditemukan selamat dan berhasil dievakuasi dari reruntuhan oleh para petugas pemadam kebakaran setempat.

"Di antara lima orang yang dicari di antara puing-puing, tiga orang telah ditemukan, seorang wanita dan seorang bayi dievakuasi dalam keadaan sadarkan diri, dan seorang pria yang tidak sadarkan diri saat ini sedang dievakuasi," tutur sejumlah pejabat pemadam kebakaran setempat.

"Dibutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk mengeluarkan bayinya. Dia dirawat oleh personel urusan darurat dan dalam keadaan baik-baik saja," tutur Kolonel Eric Grohin dari departemen pemadam kebakaran setempat, kepada wartawan.

Ledakan yang mengguncang gedung permukiman itu melukai tiga orang, yang telah dilarikan ke rumah sakit setempat.

Sementara operasi pencarian korban masih dilanjutkan, dengan sedikitnya dua orang dilaporkan hilang tertimbun puing-puing. Dua gedung yang letaknya berdekatan dengan gedung yang diguncang ledakan dan ambruk, dilaporkan juga mengalami kerusakan berat.

(nvc/ita)